5 AMALAN DI BULAN RABIUL AWAL


Rabiul Awal adalah bulan ketiga dalam kalender Hijriah dan merupakan bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Di Indonesia, 1 Rabiul Awal jatuh pada Minggu, 17 September 2023. Selama bulan ini, umat Islam dapat melakukan amalan-amalan yang dapat mendatangkan pahala berlipat ganda.

Bulan Rabiul Awal memiliki peristiwa penting, seperti kelahiran dan wafatnya Nabi Muhammad SAW serta hijrahnya dari Makkah ke Madinah.

AMALAN DI BULAN RABIUL AWAL

Berikut beberapa amalan sunnah di Bulan Rabiul Awal:

1. MEMPERBANYAK SHOLAWAT

Salah satu amalan yang dianjurkan di Bulan Rabiul Awal adalah memperbanyak sholawat, termasuk sholawat ibrahimiyah. Sholawat ini dapat dibaca dengan doa berikut:


اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كما صَلَّيْتَ عَلَى إبْرَاهِيمَ وعلى آلِ إبْراهِيمَ، وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كما بَاركْتَ عَلَى إبْرَاهِيمَ وَعَلَى آل إبراهيم في العالَمِينَ إنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ


Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Limpahkan pula keberkahan bagi Nabi Muhammad dan bagi keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan keberkahan bagi Nabi Ibrahim dan bagi keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya di alam semesta Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung."

2. MENGINGAT KISAH KELAHIRAN RASULULLAH SAW

Lahirnya Nabi Muhammad SAW adalah momen penting dalam sejarah umat Islam. Ini merupakan kesempatan untuk mengenang perjuangan Rasulullah SAW dalam menyebarkan Islam. Mengingat kelahirannya adalah tanda cinta kepada beliau, dan Maulid Nabi adalah waktu untuk bersyukur atas kehadiran beliau yang membawa rahmat bagi seluruh alam, sebagaimana disebutkan dalam QS Al Anbiya: 107.

Allah SWT berfirman:


وَمَآ اَرْسَلْنٰكَ اِلَّا رَحْمَةً لِّلْعٰلَمِيْنَ ١٠٧


Artinya: "Kami tidak mengutus engkau (Nabi Muhammad), kecuali sebagai rahmat bagi seluruh alam." (QS Al Anbiya: 107)

3. BERSEDEKAH

Sedekah bisa dilakukan kapan saja, termasuk di Bulan Rabiul Awal. Ini adalah ibadah yang sangat mendatangkan pahala. Rasulullah SAW bersabda,


Diriwayatkan oleh Ibnu al-Mubarak, Rasulullah SAW bersabda,


مَا أَحْسَنَ عَبْدٌ الصَّدَقَةَ إِلَّا أَحْسَنَ اللهُ عَزَّ وَجَلَّ الْخِلَافَةَ عَلَى تِرْكَتِهِ


"Tidaklah seorang hamba memperbaiki sedekahnya kecuali Allah memperbaiki pengganti atas harta tinggalannya." (HR. Ibnu al-Mubarak).

4. PUASA SUNNAH

Bulan Rabiul Awal juga dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan pahala puasa sunnah sebagai bentuk syukur atas kelahiran Nabi Muhammad SAW. Imam Jalaluddin As-Suyuthi mengatakan bahwa syukur kepada Allah dapat dilakukan dengan berbagai jenis ibadah, termasuk puasa, sebagai ungkapan kasih sayang atas kelahiran Nabi Muhammad SAW.

5. MENGERJAKAN BERBAGAI AMAL KEBAIKAN

Rabiul Awal adalah bulan yang tepat untuk melakukan berbagai amal kebaikan. Salah satu kisah inspiratif adalah ketika Abu Lahab memerdekakan seorang budak bernama Tsuwaibah sebagai tanda kebahagiaannya atas kelahiran keponakannya, Nabi Muhammad SAW.

Selain itu, amalan kebaikan lainnya yang dapat dilakukan di bulan ini termasuk membaca Al-Qur'an, memperbanyak zikir, dan melaksanakan amalan-amalan sholeh lainnya.

Post a Comment

Previous Post Next Post