Khusyuk Adalah Manifestasi Tertinggi Dari Sehatnya Hati Dan Landasan Utama Tegaknya Shalat Dan Dzikir

Sangat penting dan merupakan bagian keharusan bagi kita untuk meraih suatu kekhusyuan. dengan khusyuk itu kita realisasikan ketika kita hendak menghadap Allah SWT.

Baik ketika kita sedang shalat, Dzikir, atau ketika melakukan suatu ibadah-ibadah yang lainnya, hingga dengan kekhusyuan itu kita tamba mantap dan merasakan alangkah manisnya beribadah.

Sebab kekhusyuan adalah manifestasi tertinggi dari sehatnya hati dan landasan utama tegaknya shalat dan dzikir.

Apabila seseorang memiliki kekhusyan maka disitulah orang tersebut akan mendapatkan pahala yang sangat besar dari Allah SWT.

Sebagaimana yang difirmankan Allah SWT dalam Alqur’an surah Al-Ahzab (33) ayat 35 yang berbunyi:

اِنَّ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمٰتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنٰتِ وَالْقٰنِتِيْنَ وَالْقٰنِتٰتِ وَالصّٰدِقِيْنَ وَالصّٰدِقٰتِ وَالصّٰبِرِيْنَ وَالصّٰبِرٰتِ وَالْخٰشِعِيْنَ وَالْخٰشِعٰتِ وَالْمُتَصَدِّقِيْنَ وَالْمُتَصَدِّقٰتِ وَالصَّاۤىِٕمِيْنَ وَالصّٰۤىِٕمٰتِ وَالْحٰفِظِيْنَ فُرُوْجَهُمْ وَالْحٰفِظٰتِ وَالذَّاكِرِيْنَ اللّٰهَ كَثِيْرًا وَّالذَّاكِرٰتِ اَعَدَّ اللّٰهُ لَهُمْ مَّغْفِرَةً وَّاَجْرًا عَظِيْمًا

Artinya, “Sesungguhnya, laki-laki dan perempuan yang Muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyuk, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar."

Tentunya sebelum kita hendak bertawajjuh (menghadap) kepada Allah SWT selesaikanlah terlebih dahulu urusan-urusan yang sekiranya dapat mengganggu akan kekonsentrasian kita. 

Sayang seribu sayang bagi seseorang yang tidak merasakan akan kekhusyuan dalam sholatnya. Padahal dikatakan bahwa “kadar pahala seseorang di sisi Allah ketika sholat terletak pada kekhusyuan orang tersebut”.

Hanya ini dari kami semoga bermanfaat dan tambah semangat lagi untuk ibadah Aamiin...

 

 

 

Post a Comment

Previous Post Next Post