Keutamaan di bulan Ramadhan


Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, penuh ampunan, dan rahmatnya Allah Swt. Ramadhan adalah bulan yang paling dinantikan oleh semua umat muslim karena didalamnya terdapat keutamaan yang sangat besar.

Dibulan Ramadhan setiap muslim diwajibkan melaksanakan suatu ibadah yang besar pahala, yang pahalanya langsung  diberi oleh Allah Swt, ibadah ini yaitu ibadah puasa, dimana seorang muslim menahan dirinya dari makan dan minum dan segala yang membatalkan puasa mulai dari terbit fajar sampai tebenam matahari.

Puasa bukan hanya sekedar menahan makan dan minum sahaja tapi yang paling penting dalam ibadah puasa ini yaitu  untuk menjadi seseorang yang bertaqwa dan melatih dirinya dari mengikuti hawanafsu yang membawa kemudharatan bagi manusia.

Allah SWT berfirman dalam surah Al-Baqarah ayat 183:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa," (QS: Al-Baqarah ayat 183).

Di dalam bulan mulia ini terdapat keutamaan-keutamaan dan hikmah khusus yang diberikan Allah kepada hambanya yang ikhlas dan tulus menjalankan ibadah puasa, serta ibadah-ibadah lainnya.  Salah satunya yaitu pahala dilipat gandakan, doa-doa dikabulkan bahkan tidurnyapun bernilai ibadah.

Sebagaimana hadits Rasulullah Saw, yang diriwatkan oleh Abdullah bin Aufi yang berbunyi:

نَوْمُ الصَّائِمِ عِبَادَةٌ ، وَصُمْتُهُ تَسْبِيْحٌ ، وَدُعَاؤُهُ مُسْتَجَابٌ ، وَعَمَلُهُ مُضَاعَفٌ

Artinya: “Tidurnya orang yang berpuasa adalah ibadah. Diamnya adalah tasbih. Do’anya adalah do’a yang mustajab. Pahala amalannya pun akan dilipatgandakan.”

Karena kemuliaan yang dimiliki oleh bulan Ramadhan, seharusnya kita menggunakan waktu didalam Ramadhan ini dengan sebaik-baiknya, yakni isilah dengan amal ibadah yang bisa tambah mendekatkan diri kita kepada Allah Swt. Yakni dengan memperbanyak membaca Alqur’an, Berzikir, mengikuti majlim ta’lim dan ibadah-ibadah lainnya.

Semoga amal-amal yang kita lakukan dibulan Ramadhan diterima oleh Allah Swt dan semoga dengan amal-amal yang kita lakukan dibulan Ramadhan kitab isa mendapatkan ridha, ampunan dan syurganya Allah Swt. Aamiin.

 

Wallahu A’lam

 

 

Hafimultimedia

1 Comments

Previous Post Next Post