Kewajiban Seorang Murid Kepada GURUNYA

 





Sangat pantas dan wajib bagi seorang murid untuk memuliakan menghormati dan mempunyai budi pekerti yang baik kepada gurunya. Dan mengikuti adab dan ilmu telah mereka ajarkan kepada seorang murid.


Kadang ada orang mengatakan seorang pelajar itu terlalu berlebihan dalam mengghormati dan memuliakan gurunya. nah… hal semacam ini tidaklah benar.



Sebagian ‘Ulama’pun mengatakan “sesungguhnya bagi para guru terhadap seorang pelajar juga memiliki hak agar ditaati dan diperlakukan dengan baik sama halnya seorang anak memuliakan dan menghormati kepada kedua orangtuanya. Bahkan hak guru lebih besar daripada orangtua (ibu dan ayah). Karena orangtua orentasinya hanya menjaga seorang anak dari hal-hal yang membahayakan pada fisiknya dan pada urusan dunianya. Sementara seorang guru menjaga seorang murid/pelajar dengan didikannya, pengajarannya, irsyad dari hal yang membahayakan terhadap seorang murid dalam urusan akhiratnya dan mengingatkan tentang hal yang membahayakan kepada seorang murid di akhirat kelak. Dan karena didikan seorang guru menjadi sebab dan jalan bagi si murid dan untuk sampai ke surganya Allah dan yang paling penting mandapatkan ridha dan kasih sayang daripada Allah dan mendapatkan keberuntungan dengan berjumpa dengan Allah. Yang mana berjumpa dengan Allah, melihat Allah adalah puncak kebahagiaan dan sebesar-besarnyanya kebahagiaan”.



Wallahu A’lam

 


Post a Comment

Previous Post Next Post