Waktu itu Bagaikan Pedang



Waktu adalah hal yang sangat berharga, nikmat tuhan yang diberikan kepada setiap manusia. Waktu adalah sebuah nikmat kehidupan yang mana apabila sudah terjadi tidak akan dapat di kembalikan lagi, jadi hargailah waktu yang sangat singkat ini sebelum kita tua dan menyesal akan itu.

Kita harus disiplin menggunakan waktu, Disiplin dalam menggunakan waktu maksudnya kita dapat menggunakan waktu untuk hal-hal yang bermanfaat, membagi waktu dengan baik, mana yang harus diutamakan dan mana yang harus di tinggalkan.

Islam menempatkan waktu sebagai perkara penting, sehingga jika tak dimanfaatkan dengan baik, maka kerugianlah yang akan diperoleh. Lebih dari kerugian materi, menyia-nyiakan waktu bisa berakibat terbengkalainya sisi akhirat seorang hamba.

Pepatah Arab mengatakan : WAKTU LAKSANA PEDANG

الوقت كالسيف ان لم تقطعه قطعك

Artinya :”Waktu itu seperti pedang, jika engkau tidak menggunakannya dengan baik, ia akan memotongmu”

Waktu adalah salah satu nikmat Tuhan, Tanpa waktu, Saking pentingnya waktu, Allah Swt pun bersumpah atas nama waktu pada beberapa ayat yang terdapat dalam Al-Qur’an. Seperti dalam Surat Al Ashr pada ayat pertama berbunyi sebagai berikut:

وَالْعَصْرِۙ

Artinya: Demi masa

Isi kandungan surat Al Ashr ayat 1 yaitu Allah SWT bersumpah demi Masa atau Waktu. Nah dari ayat tersebut kita tau bahwa waktu itu sangat berharga bagi setiap umat manusia.

Jangan tertipu dengan waktu luang.

Rasulullah Muhammad Saw sering memperingatkan umatnya tentang waktu, diantaranya hadits berikut:

نِعْمَتَانِ مَغْبُوْنٌ فِيْهِمَا كَثِيْرٌ مِنَ النَّاسِ: الصِّحَّةُ وَالفَرَاغُ

"Dua nikmat yang banyak manusia tertipu di dalam keduanya, yaitu nikmat sehat dan waktu luang." (HR. Bukhari, Tirmidzi dan Ibnu Majah).

 

Post a Comment

Previous Post Next Post