BREAKING NEWS

Author

Wednesday, September 22, 2021

KHUTBAH TENTANG MASA MUDA



Ittakullah, ittakullah haqqo tukotih, wala tamutunna illa wa antum muslimun.

Kaum muslimin jama’ah jum’ah rahimakumullah, marilah kita bertakwa kepada Allah, dengan meningkatkan ketatan kita kepadanya, dan menjauhi segala larangannya.

 

Kita semua tentu menyadari bahwa umur kita semakin lama semakin berkurang, dan bekurang. Oleh karena itu semestinya kita harus pandai2 memanfaatkan kesempatan   Waktu kita, terutama waktu masa muda. Ulama’ mengatakan “Alwaktun Nafis” waktu itu berharga, “Illa linafis”dan janganlah kita gunakan waktu itu kecuali dengan hal2 yang berharga.

 

Imam Alghazali mengatakan ada 4 hal yang tidak dapat dirasakan kecuali oleh 4 golongan, yang salah satunya adalah masa muda. Nikmatnya masa muda tidak dapat dirasakan kecuali oleh orang yang sudah tua.

 

Suatu Perkataan yang katakan oleh orang yang sudah sampai dimasa tua, sudah tua renta, kemudian dia mengatakan apa..? Ala laitas syababa yaudu yauman”, andai masa muda bisa kembali, dia mengatakan kata2 andai, dan itu tidak akan pernah terjadi. Apa yang akan dia lakukan, andai bisa, ”faukh birohu bima fa’alal masyibu” aku akan memberi tau masa muda itu, apa yang akan dilakukan oleh orang2 yang sudah sampai kepada masa tua.

Penyelasalan andai mereka menggunakan masa mudanya bukan pada taat kepada Allah swt.

 

Dipadang maksyar nanti lebih panas dari pada ini, matahari sejengkal dari kepala, ada yang tenggelam karena keringatnya sampai kepinggang, ada yang tenggelam sampai keleher, ada yang tenggelam sampai kekepala. Tapi ada yang tidak kena panas, diantara yang tidak panas karena mendapat naungan itu siapa..? “Syaabbun” anak muda, “nasa’a fii ibadatillah” Anak muda yang tumbuh dalam ibadah kerana Allah swt.

 

Guru kita pernah bilang “orang yang sukses bukanlah orang yang pintar, tapi orang yang sukses adalah orang yang bisa mengatur waktunya.”

 

Kita Sebagai seorang mukmin, haruslah mengatur waktu kita dengan baik untuk selalu beribadah kepada Allah Swt.

 

mottonya orang barat itu, waktu adalah Taeim Is Maniy, setiap waktu itu adalah uang.

 

Tapi buat kita, tiap waktu adalah zikir, pahala, syurga dan Ridhanya Allah Swt.

 

 

HAFIMULTIMEDIA 

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © 2014 HASAN JUFRI | Official Website. Designed by OddThemes