BREAKING NEWS

Author

Friday, September 24, 2021

13 WAKTU MUSTAJAB TERKABULKANYA DOA

 


13 WAKTU MUSTAJAB TERKABULNYA DOA

 

Doa adalah salahsatu bentuk ikhtiar untuk meminta sesuatu pada Allah SWT, juga sebagai bentuk kerendahan diri manusia di hadapan sang pencipta. Sehingga orang yang tidak mau berdoa , dianggap sombong dalam is;lam karena merasa mampu melakukan dan meraih segalanya sendirian. Sedangkan sifat sombong di dalam islam sangat dilarang. Untuk itulah, islam sangat menganjurkan untuk berdoa.

 

Apalagi banyak keutamaan berdoa dalam islam juga doa agar keinginan tercapai. Namun terkadang pula ada banyak penyebab doa tidak dikabulkan Allah SWT. Adapun waktu-waktu yang paling baik untuk berdoa sehingga doanya dikabulkan, antara lain:

 

1.     Saat sepertiga malamsaat

Di saat manusia lainya sedang pulas tertidur, anda justru dapat memanfaatkan waktu di sepertiga malam untuk berdoa kepada Allah SWT karena merupakan waktu yang penuh berkah.

2.     Saat selesai sholat wajib

Setelah kita selesai sholat, hendaklah melanjutkan dengan berdzikir dan berdoa karena salah satu waktu paling mustajab untuk berdoa adalah setelah selesai sholat.

3.     Saat sahur dan berbuka puasa

Ada tiga doa yang tidak tertolak. Doanya orang yang berpuasa ketika berbuka, doanya pemimpin yang adil dan doanya orang yang terdhalimi.

4.     Saat malam lailatul qadar

Malam lailatul qadar merupakan malam yang sangat istimewa karena di saat itulah Al-Qur’an turun. Di malam itu, dianjurkanya untuk memperbanyak ibadah dan doa.

5.     Saat adzan berkumandang

Rasulullah bersabda :

” Doa tidak tertolak pada dua waktu, atau minimal kecil kemungkinan tertolaknya. Yaitu ketiktia adzan berkumandang dan saat perang berkecamuk, ketika kedua kubu saling menyerang. “

6.     Saat diantara adzan dan iqamah

Selain saat adzan berkumandang, ternyata waktu berdoa yang mustajab juga ada pada saat waktu jeda antara adzan dan iqamah. Sebagaimana sabda Rasulullah “ doa diantara adzan dan iqamah tidak tertolak.

7.     Saat turun hujan

Masih banyak yang tidak mengetahui bahwa salah satu waktu yang baik untuk beerdoa adalah ketika hujan. Hal ini disebabkan karena hujan adalah salah satu bentuk rahmat dari Allah SWT. Sebagaimana yang tertuang dalam sebuah hadits : “ Doa tidak tertolak pada 2 waktu, yaitu ketika adzan berkumandang dan ketika hujan. ”

8.     Saat hari jumat

Jumat merupakan hari yang penuh berkah, dimana kita dianjurkan untuk banyak melakukan ibadah dan kebaikan di hari tersebut. Sebagaimana sabda Rasullah, “ Didalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang dia minta. “ { HR. Bukhari Muslim }

9.     Saat hari rabu antara Dzuhur dan Ashar

“ Nabi SAW berdoa di Masjid Al-Fath 3 kali, yaitu hari senin, selasa dan rabu. Pada hari rabu lah doanya dikabulkan, yaitu diantara dua shalat. Ini deketahui dari kegembiraan di wajah beliau. Berkata jabir : “ tidaklah suatu perkara penting yang berat pada saya kecuali saya memilih waktu untuk berdia, dan saya mendapati dikabulkanya doa saya. “

Dan dalam riwayat lain disebutkab : “ pada hari rabu lah danya dikabulkan, yaitu di antara sholat dzuhur dan ashar. { HR. Ahmad }

10.  Saat berjihad atau berperang di jalan Allah

Keistimewaan berjihad atau berperang di jalan Allah adalah dikabulkanya doa orang yang berjihad tersebut. Sebagaimana sabda Rasullah , “Doa tidak tertolak pada dua waktu, atu kecil kemungkinan tertolaknya yaitu ketika adzan berkumandang dan saat perang berkecamuk, ketika kedua kubu saling menyerang.”

11.  Saat di hari Arafah

Hari Arafah adalah hari saat wukuf di Arafah, tepatnya tanggal 9 Dzulhijjah sehingga dianjurkan bagi semua umat Muslim untuk berdoa di hari itu. Sebagaimana sabda Rasullah : “ doa yanf terbaik adalah doa ketika hari Arafah. “ {HR, At Tirmidzi }

12.  Saat sujud dalam shalat

Rasullah bersabda : “seorang hamba yang berada paling dekat dengan rabb-nya ialah ketika ia sedang bersujud. Maka perbayaklah berdoa ketika itu. {HR. Muslim }

13.  Saat Dizholimi

Sungguh doa orang yang terdzholimi akan didengar langsung oleh Allah SWT. Sehingga berhati-hatilah jika akan mendzholimi orang.

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © 2014 HASAN JUFRI | Official Website. Designed by OddThemes