BREAKING NEWS

Author

Friday, August 27, 2021

BERTAUBAT DENGAN MEMAKMURKAN EMPAT WAKTU



Setiap orang pasti memiliki kesalahan dan kekurangan, dan banyak sekali kelalaian yang telah dilakukan selama hidup kita. Itu memang kodrat yang tentu atau yang pasti dialami oleh seorang manusia.

 

Berbagai dalil hadis juga menyebutkan bahwa manusa memang tempatnya salah dan lupa. Salah satunya hadis berikut:

 

َ كُلُّ ابْنِ آدَمَ خَطَّاءٌ وَخَيْرُ الْخَطَّائِينَ التَّوَّابُونَ

 

Artinya : Setiap anak Adam pernah berbuat salah dan sebaik-baik yang berbuat salah adalah yang bertobat dari kesalahannya. (HR. At Tirmidzi no. 2499, Hasan)

 

seorang Ulama mengatakan “bagi seseorang yang melalui hidupnya dalam kelalaian dan dia mau mengejar ketertinggalan tersebut walaupun umur sudah tua, sudah lima puluh, enam puluh, bisa mengejar yang lalu2 dengan cara memakmurkan empat waktu”.

 

Empat Waktu-waktu tersebut adalah :

1.    Waktu antara Maghrib dan Isya’

Memakmurkan waktu antara maghrib dan isya’ dengan cara mengikuti pengajian, banyak baca Alqur’an, dan senantiasa zikir kepada Allah Swt.

 

Ulama mengatakan “lebih baik wajah saya dipukul dengan obor api yang menyala dan disodorkan kewajah saya itu lebih saya sukai dari pada orang mengajak saya ngobrol obrolan duniawi antara maghrib dan Isya”.

 

2.    Waktu sebelum subuh

Sebelum subuh itu adalah waktu yang utama dan memiliki pahala yag sangat besar bagi seseorang yang beribadah di waktu tersebut. Bangunlah sebelum subelum subuh jangan kalah dengan ayam, dan semestinya seseorang itu harus lebih baik dari pada Ayam Jago, ayam sebelum subuh dia sudah bangun dan siap untuk berkokok. Janganlah kita kalah dengan ayam jago, kalau kita bangunnya habis subuh ya.. ayam lebih baik dari kita.

 

3.   Waktu atara Subuh sampai Isyraf

Barang siapa yang solat subuh jamaah, duduk di mushallahnya, zikir kepada Allah Swt sampai terbit matahari terus shalat sunnah 2 rakaat isyraf, maka sesaat tersebut pahanya seperti pahala haji dan umrah yang sempurna, sempurna dan sempurna.

 

4.   Waktu sebelum tenggelam matahari

Siapkanlah Sebelum tenggelam matahari siapkanlah untuk berzikir, bertaubat, memohon ampunan kepada Allah ta’ala, bertasbih kepada Allah Swt.

 

Sebagai seorang mukmin itu harus mengatu waktunya dengan baik untuk selalu beribadah kepada Allah Swt, mottonya orang barat itu adalah setiap waktu adalah uang. Tapi buat kita tiap waktu adalah zikir,pahala, syurga dan Ridhanya Allah Swt. Mudah-mudahan allah selalu memberkahi waktu kita amiin..

 

 

Wallahu A’lam

 

Hafimultimedia

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © 2014 HASAN JUFRI | Official Website. Designed by OddThemes