BREAKING NEWS

Author

Saturday, August 28, 2021

BARSISHA EPISODE (1)

 





Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu menceritakan, ada seorang ahli zuhud bernama Barshisha. Dia beribadah didalam kuil selama tujuh puluh tahun yang tidak pernah bermaksiat sedikitpun. Dia seorang pimpinan sebuah pesantren di kala itu, karena saking shalehnya dengan izin Allah SWT telah diberi kemampuan diatas rata-rata manusia pada umumnya, semisal dia bisa berjalan diatas air, bisa terbang  dan masih banyak lagi lainnya. Dia mempunyai santri-santri yang jumlahnya sangat banyak, mencapai puluhan ribu santri.


Karena dengan keshalehannya itu membuat syetan/iblis menjadi gusar ingin menjerumuskannya. Sebab sifat syetan/iblis memang ingin selalu menyesatkan orang-orang yang beriman menjadi kufur (ingkar) kepada Allah Azza Wa Jalla, dengan segala upaya dan tipu daya mereka.


Setelah itu para syetan/iblis sepakat mengutus salah satu darinya untuk menyamar menjadi santri baru di pesantren yang Barshisha pimpin.


Semua orang di pesantren itu tak terkecuali Barshisha tidak tau bahwa santri baru tersebut adalah jelmaan dari syetan/iblis laknatullah. Hanya Allah SWT, saja yang maha Mengetahui apa-apa yang terjadi dimuka bumi ini.


Santri baru itu dengan tekunnya beribadah untuk mengelabuhi orang-orang disekitarnya. Saat yang lain shalat, si syetan/iblis tersebut mengikutinya, begitu pula melakukan ibadah-ibadah yang lain. Sehingga menjadi perbincangan dikalangan mereka. Dan suatu saat kabar tersebut terdengar oleh si Barshisha.


Maka demi mengetahui yang sebenarnya, Barshisha mulai mengamati gerak-gerik si santri tersebut. Saat Barshisha dan para santrinya shalat, si santri tersebut ikut melakukannya, sampai-sampai yang lainnya termasuk Barshisha selesai melakukan shalat dan dzikir-dzikir, bahkan si santri itu masih belum selesai juga ibadahnya. Tidak juga dalam hal lain, saat Barshisha sehabis selesai melakukan ibadah-ibadah yang lain, sewaktu sebelum tidur Barshisha masih melihat si santri masih tekun beribadah. Bahkan setelah tidur untuk bangun melaksanakan shalat Qiyamul Lail ( tahajjud ) Barshisha masih juga melihat santrinya tersebut masih melaksanakan shalat malam.



Lantas apakah tindakan Barshisha terhadap santri itu.. tunggu di episode selanjutnya.

 


Share this:

Post a Comment

 
Copyright © 2014 HASAN JUFRI | Official Website. Designed by OddThemes