BREAKING NEWS

Author

Wednesday, August 25, 2021

Ucaplah Basmalah



Pengertian Al Quran sesuai bahasa adalah bacaan atau yang dibaca. Menurut istilah, pengertian Al Quran adalah kalam Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw. Al Quran diturunkan melalui malaikat Jibril yang dihimpun dalam mushaf yang merupakan mukjizat Nabi Muhammad

 

Alqur’an merupakan mukjizat Rasulullah yang paling mulia. Alqur’an yang merupakan mukjizat Rasulullah ini sangat berfungsi untuk umat Islam, yaitu menjadikan Alqur’an sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari dan sebagai pembeda mana yang batil dan mana yang benar

 

Dalam Al-aqu’an setiap surah pasti dimulai dengan membaca basmalah, hal ini menjelaskan bahwa seseorang dalam mengerjakan sesuatu utamanya haruslah dimulai dengan membaca basmalah.

 

Lafadz basmalah berarti dengan nama Allah. Maksudnya, yakni 'dengan menyebut nama Allah Swt saya membaca atau saya memulai (suatu amal)'. Membaca basmalah dalam mengerjakan sesuatu diharapkan segala yang kita kerjakan mendapat barakah dari Allah swt.

 

Membaca basmalah sangatlah penting bagi seseorang yang beramal karena jika seseorang mengerjakan sesuatu tanpa mengucapkan basmalah, maka apa yang dia kerjakan putus barakahnya.

 

Dalam haditsnya Rasulullah Saw bersabda :

 

كُلُّ أَمْرٍ ذِيْ بَالٍ لاَ يُبْدَأُ فِيْهِ بِـ : بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ فَهُوَ أَبْتَرُ

 

Artinya: “Setiap perkara penting yang tidak dimulai dengan ‘bismillahirrahmanir rahiim’, amalan tersebut terputus berkahnya.” (HR. Al-Khatib dalam Al-Jami’, dari jalur Ar-Rahawai dalam Al-Arba’in, As-Subki dalam tabaqathnya).

 

Banyak sekali keutamaan yang bisa seseorang dapatkan dalam membaca basmalah, diantara keutamaannya yaitu cerita seseorang yang selalu memulai perbuatannya dengan membaca basmalah:

 

“Diceritakan dalam kitab nawadzir karangan ahmad syihabuddin bin salamah al qulyubi bahwasannya dulu terdapat seorang wanita yang selalu membaca basmalah di dalam setiap amal dan kegiatannya, namun ia memiliki suami yang fasiq dan durhaka yang sangat terganggu dengan apa yang ia lakuakan, karena dikit-dikit baca basmalah.

 

Hingga akhirnya timbulah rencana buruk sang suami yang bertujuan untuk menjebaknya yaitu dengan cara, si suaminya memberikan ia dompet dan menyuruhnya untuk menjaga, akhinya ia menaruh dompet tersebut ke dalam almari sambil membaca basmallah, kemudian menutupnya dan menguncinya juga sambil membaca basmalah, namun ketika ia pergi, tiba-tiba suaminya  membuka almari itu dan mengambil dompet tersebut dan membuangnya ke sumur, tujuan suaminya yang sebenarnya adalah agar bisa memarahinya dan mencela prilakunya yang sering membaca basmalah.

 

Ketika istrinya datang suaminya langsung berkata: “di mana dompetnya” ia pun langsung menuju almari dan sebelum membuka ia membaca basmalah dan langsung memberikan dompet yang ada di dalam almari sebelumnya kepada suaminya, suaminya yang tau telah membuangnya pun terkaget dan kemudian bertaubat terhadap tindakannya dan percaya terhadap keistimewaan basmalah.”


di katakan bahwa ketika si wanita tersebut membuka almari, seketika itu Allah memerintahkan malaikat jibril untuk mengambil dompet yang ada di dalam sumur dengan cepat dan melatakkannya kembali ke tempat semula.

 

Dari cerita ini kita bisa mengetahui kehebatan dan keistimewaan basmalah,

membaca basmalah di dalam setiap pekerjaan kita juga di anjurkan oleh Rasulullah dalam hadistnya:

 

 كل أمر ذي بال لا يبدأ فيه ب ( بسم الله الرحمن الرحيم ) فهو أبتر

 

Artinya : segala perkara baik yang tidak di dahului dengan bacaan basmalah maka ia seperti orang yang tidak punya tangan dan kaki ( terputus ).

 

 

Wallahu A’lam.

Share this:

1 comment :

 
Copyright © 2014 HASAN JUFRI | Official Website. Designed by OddThemes