KUNCI KETENANGAN HATI

 




Obat Hati itu ada lima perkara:

  1.  Baca Al Qur’an dan maknanya
  2.  Sholat malam
  3.  Berkumpul dengan orang shalih
  4.  Perbanyak puasa
  5.  Dzikir malam

Hati merupakan komponen terpenting dalam diri manusia, belum tentu penampilan baik mencermikan hati kita baik ataupun sebaliknya karena hati itu penuh misteri, maka sebaiknya kita tidak menilai seseorang dari sisi dhohirnya saja.


Prilaku seseorang baik ataupun buruk hal itu merupakan cerminan dari hati tersebut. Tapi asalnya manusia semuanya fitrah suci tidak ada satu nodapun yang mencemari tapi karena banyak maksiat yang kita lakukan menyababkan hati kita menjadi bernoda, membuat manusia enggan dan malas untuk melakukan kebaikan.


Dalam agama islam penyakit hati sangatlah banyak yang kita seperti: Dengki (hasut), sombang, iri hati, pemarah, dll. Maka penyakit hati tidaklah bisa diobati dengan obat ataupun pergi ke dokter, karena penyakit tersebut bukanlah penyakit dhohir tapi merupakan penyakit batin. Dalam agama islam obat hati itu ada lima :


Membaca Al Quran dan maknanya.

وَنُنَزِّلُ مِنَ ٱلْقُرْءَانِ مَا هُوَ شِفَآءٌ وَرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِينَ ۙ وَلَا يَزِيدُ ٱلظَّٰلِمِينَ إِلَّا خَسَارًا

Artinya: Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.


Mendirikan sholat malam

Allah Ta’ala berfirman dalam surat Al Isra’ ayat 79:

 

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

Artinya: “Dan pada sebagian malam, lakukanlah shalat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.


Malam merupakan waktu yang sunyi sepi dari keramain manusia dan merupakan waktu yang mustajabah. Waktu yang sangat tepat untuk kita bermunajad mendekatkan diri kepada Allah, membenahi diri untuk menajdi diri agar menjadi lebih baik.


Berkumpul dengan orang shaleh

Allâh Azza wa Jalla berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَكُونُوا مَعَ الصَّادِقِينَ

Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allâh, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar (jujur).” [At-Taubah/9:119]


Dengan kita berkumpul bersama orang sholeh seidkit banyak kita akan mendapatkan barokah dari orang-orang sholeh tersebut, seperti halnya kita bila berkumpul dengan penjual parfum pastilah kita akan juga mendapatkan bau harum parfum tersebut.


pastilah kita akan juga mendapatkan bau harum parfum tersebut.

 

Perbanyak puasa

Puasa merupakan amalan yang sir yang mana orang lain tidak akan tahu kecuali diri kita sendiri dengan sang pencipta, tidak hanya itu tapi banyak sekali manfaat dari puasa salah satunya yaitu dapat meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah Swt.

عَنْ اَبِى قَتَادَةَ رض اَنَّ النَّبِيَّ ص سُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ اْلاِثْنَيْنِ فَقَالَ: ذلِكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيْهِ وَ اُنْزِلَ عَلَيَّ فِيْهِ.

Dari Abu Qatadah RA bahwasanya Nabi SAW ditanya tentang berpuasa di hari Senin. Maka beliau bersabda, “Hari Senin adalah hari kelahiranku dan hari diturunkannya wahyu kepadaku”.

[HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim]


Perbanyak dzikir

Dengan berdzikir kita dapat menenangkan hati kita bisa bermunajat mendekatkan diri kepada sang Ilahi, karena penyakit yang sesungguhnya yaitu di hati untuk mengobati penyakit dihati bukan dengan obat-obatan dari dokter tapi dengan perbanyak berdzikir kita bisa mengobati penyakit hati.


HAFIMULTIMEDIA


Post a Comment

Previous Post Next Post