BERUNTUNGLAH ORANG YANG SABAR

 



Perlahan kita begitu sering mendengar satu ucapan orang, sabar itu ada batasnya, orang yang berkata seperti itu pada hakikatnya sifat sabar tersebut tidak ada ada batasnya. Seperti perkataan Gus Dur “sabar itu gak ada batasnya karena kalau ada batasnya berarti gak sabar”. Sabar sesungguhnya seperti sabarnya Rosulullah Saw,


Setiap manusia dituntut untuk selalu bersabar ketika menghadapi masalah,ujian, cobaan, musibah, dll. Terutama dimasa-masa pandemic Covid yang sedang melanda dunia ini. Itu suatu bentuk ujian dan teguran kepada manusia untuk kita selalu berbuat baik. Sabar dapat juga dimaknai sebagai tidak mudah marah, tahan menghadapi cobaan dan tidak putus asa. Orang yang sabar dapat mengendalikan emosinya dan tenang jiwanya saat diterpa banyak cobaan dan ujian.


لَا يُكَلِّفُ ٱللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا

Artinya: Allah Tidak Akan Menguji Hamba-Nya di Luar Batas Kemampuannya.

Sabar merupakan kunci keberhasilan, kenapa harus diartikan sebagai kunci keberhasilan, karena, ketika allah memberi sebuah ujian kepada kita disitulah seorang hamba harus berlatih dengan kesabarannya dan jika kita menjalani cobaan tersebut dengan rasa sabar maka allah akan menaikkan keimananya dan memberika derajat yang luhur disisinya.


Beberapa keutamaan yang Allah berikan kepada orang yang bersabar:

  • Pada orang yang selalu bersabar Allah Swt. Menjajikan surge dan kedudukan yang tinggi sesuai dengan firman Allah surat Ar Rad ayat 24:

سَلَامٌ عَلَيْكُمْ بِمَا صَبَرْتُمْ ۚ فَنِعْمَ عُقْبَى الدَّارِ

(sambil mengucapkan): "Salamun 'alaikum bima shabartum". Maka alangkah baiknya tempat kesudahan itu.

أُو۟لَٰٓئِكَ يُجْزَوْنَ ٱلْغُرْفَةَ بِمَا صَبَرُوا۟ وَيُلَقَّوْنَ فِيهَا تَحِيَّةً وَسَلَٰمًا

Mereka itulah orang yang dibalasi dengan martabat yang tinggi (dalam surga) karena kesabaran mereka dan mereka disambut dengan penghormatan dan ucapan selamat di dalamnya, (Al-Furqan Ayat 75)


  • Allah menjanjikan kepada orang yang bersabar sesuai dengan firman dalam surat Ali Imran ayat 200:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱصْبِرُوا۟ وَصَابِرُوا۟ وَرَابِطُوا۟ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah, supaya kamu beruntung.


  • Orang yang bersabar akan mendapatkan petunjuk

Orang yang memilih bersabar Allah janjikan akan menjadi orang-orang yang mendapat petunjuk bagi oarng yang bersabar. Seperti Allah firmankan dalam surat Al Baqarah ayat 155-157: Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang bersabar. ( yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah mereka mengucapkan “Inna Lillahi wa inna ilaihi rojiun “. Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari tuhan mereka dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk. (Al Baqarah 155-157)


  • Allah bersabar akan dicintai Allah Swt. Allah janjikan dalam surat Ali Imran ayat 146:

 وَٱللَّهُ يُحِبُّ ٱلصَّٰبِرِينَ

Allah menyukai orang-orang yang sabar.


"Hidup ini dipergilirikan satu sama lain. kadang kita tertawa, lantas kemudian kita terdiam, bahkan menangis. itulah kehidupan. Barang siapa yang sabar, maka semua bisa dilewati dengan hati lapang"(Tere Liye)



HAFIMULTIMEDIA


Post a Comment

Previous Post Next Post