PUASA ASYURA DAN TASUAH BESERTA KEUTAMAANNYA

 






Bulan Muharrom merupakan salah satu dari empat bulan yang dimulaikan yang sudah termaktum dalam Al Qur'an:

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ .. الآية (36) سورة التوبة

 

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu…”. (QS. At Taubah: 36)


Puasa asyura

Puasa asyura merupakan amalan sunah yang selalu dilaksanakan setiap tanggal 10 bulan muharrom. Puasa asyura juga dilaksanakan oleh umat yahudi sebagai penghormatan kepada nabi musa tetapi ada yang membedakan tentang kesunnahannya diantara puasa asyura umat islam dan yahudi maksudnya..?


Bacaan Niat Puasa Asyura

نَوَيْتُ صَوْمَ عَا شُورَاء سُنَّة لِلهِ تَعَالَى

Bacaan latin: Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i sunnati asyura lillahi ta‘ala.


Bulan muharrom, ada beberapa tempat di indonesia yang mengistilahakan bulan asyura atau bulan syura’ nama bulan syura diambil dari kata asyura,yang menandai tanggal 10 dibulan muharrom tanggal ini dianggap penting karena ada beberapa peristiwa yang di anggap penting yang terjadi didalamnya diantaranya selamatnya Nabi Musa dari kejaran tentara raja firaun, dan juga terbunuhnya Sayyidina Husain cucu Nabi Muhammad saw. Tanggal 10 muharrom ini umat islam disunnahkan untuk berpuasa selama 2 hari berturut-turut yakni berpuasa pada tanggal 9 dan 10 muharrom atau puasa tasu’a dan asyura , bisa juga dilaksanakan pada tanggal 10 dan 11 muharrom dan intinya, terdapat terdapat hikmah yang membedakan antara umat yahudi denga umat islam yang hanya melaksanakan pada tanggal 10 saja.


Puasa Tasu’ah

Disunnahkannya juga puasa Tasuah diceritakan ketika Nabi Muhammad mendapi tetangganya yang beragama Yahudi juga berpuasa pada tanggal 10 Muharron tersebut, Nabi bertanya kepada oramg yahudi tersebut mengapa dia berpuasa tanggal 10 Muharrom, lalu orang yahudi tersebut menjawab karena pada tanggal tersebut terjadi peristiwa yang agung bagi agama mereka yang mana hari itu Nabi Musa diselamatkan dari kejaran firaun dan berujung dengan kemenangan Nabi Musa As.

Lalu Nabi Muhammad bersabda kepada sahabatnya sesungguhnya kita umat islamlah yang lebih berhak untuk menghormati Nabi Musa. Karena pada masa itu Agama yahudi bukanlah seperti dulu yang murni yang sudah keluar dari jalur Syariatnya.


Bacaan Niat Puasa Tasua

نَوَيْتُ صَوْمَ ِ التَا سُوعَاء سُنَّةِ لِلهِ تَعَالَى

Artinya, "Aku berniat puasa sunah Tasu‘a esok hari karena Allah SWT."


Maka dari itu untuk membedakan dengan orang yahudi yang juga berpuasa pada tanggal 10 maka nabi Muhammad juga mesunnahkan untuk berpuasa pada tanggal 9 Muharrom yang dikenal dengan puasa Tasu’ah yang diambil dari bahasa arab berarti sembilan.


HAFIMULTIMEDIA


Post a Comment

Previous Post Next Post