BREAKING NEWS

Author

Wednesday, August 4, 2021

SABAR DALAM MENJALANKAN KEWAJIBAN YANG DITETAPKAN ALLAH SWT dan SABAR DALAM MENJAUHKAN DIRI DARI SEGALA PERKARA YANG DIHARAMKAN ALLAH SWT












SABAR DALAM MENJALANKAN KEWAJIBAN YANG DITETAPKAN ALLAH SWT


Apa maksud dari keterangan di atas ; “sabar dalam menjalankan kewajiban yang ditetapkan Allah SWT”?


JAWAB: maksudnya adalah menahan hawa nafsu dari sulitnya melakukan kewajiban tersebut. Artinya, meskipun menjalankan sholat subuh (misalkan), terasa berat karena ngantuk, atau dingin kita tetap melakukannya.



Referensi

Sabar dalam menjalankan kewajiban yang ditetapkn Allah swt, adalah dengan menahan hawa nafsu dari sulitnya melakukan kewajiban tersebut”.



SABAR DALAM MENJAUHKAN DIRI DARI SEGALA PERKARA YANG DIHARAMKAN ALLAH SWT



Apa maksud dari keterangan di atas “sabar dalam menjauhkan diri dari segala perkara yang diharamkan Allah swt”.



JAWAB : maksudnya adalah dengan menahan hawa nafsu atas sulit dan beratnya hati untuk menjauhinya. Artinya, sebagamana kewajiban yang terasa berat dilaksanakan, begitu pula menjauhi maksiat, mungkin jondisi diri pribadi  seperti kecanduan minuman terlarang, atau lingkungan, sehingga apabila tidak ikut bersama-sama mengonsumsi minuman keras di anggap tidak setia kawan. Maka dalam keadaan demikian, kita harus tetap bersabar dalam menjauhi semua yang dilarang oleh Allah swt.



Referensi


“sabar dalam menjaukan diri dari segala perkara yang diharamkan Allah swt adalah dengan menahan hawa nafsu atas sulit dan beratnya hati untuk menjauhinya. Imam Al-Jamal berkata; “sabar dalam meninggalkan kemaksiatan merupakan ketaatan”.













Share this:

Post a Comment

 
Copyright © 2014 HASAN JUFRI | Official Website. Designed by OddThemes