Keutamaan 10 Hari Pertama Di Bulan Dzulhijjah



Keutamaan 10 hari pertama bulan Dzulhijjah dalam Islam sangatlah besar. Berikut beberapa keutamaan yang dijelaskan dalam berbagai hadits dan riwayat:

 

Dibandingkan Hari-Hari Lain dalam Setahun: Hari-hari ini termasuk hari-hari terbaik dalam setahun. Rasulullah SAW bersabda:

 

“Tidak ada hari-hari yang amal shalih pada saat itu lebih dicintai Allah daripada hari-hari ini, yakni sepuluh hari (pertama Dzulhijjah).” Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, tidak juga jihad di jalan Allah?” Beliau menjawab, “Tidak juga jihad di jalan Allah, kecuali orang yang keluar dengan jiwa dan hartanya, lalu tidak kembali dengan membawa sesuatu apa pun.” (HR. Bukhari)

 

Hari Arafah: Salah satu dari sepuluh hari pertama ini adalah hari Arafah (9 Dzulhijjah), yang merupakan hari di mana umat Islam yang menunaikan ibadah haji wukuf di Arafah. Puasa pada hari Arafah memiliki keutamaan besar

Rasulullah SAW bersabda: “Puasa hari Arafah, aku berharap kepada Allah agar menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.” (HR. Muslim)

 

Hari Raya Idul Adha: Hari ke-10 bulan Dzulhijjah adalah hari Idul Adha, salah satu dari dua hari raya besar dalam Islam. Ini adalah hari untuk melaksanakan shalat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban sebagai bentuk ketaatan kepada Allah.

 

Amal Shalih yang Diperbanyak: Pada sepuluh hari pertama Dzulhijjah, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amal shalih seperti shalat, puasa, sedekah, dzikir, dan membaca Al-Qur’an. Hal ini karena pahala amal shalih pada hari-hari ini sangat besar.

 

Dzikir dan Takbir: Pada hari-hari ini, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak takbir, tahmid, tahlil, dan tasbih. Ibn Umar dan Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhuma, keduanya keluar ke pasar pada sepuluh hari pertama Dzulhijjah dengan memperbanyak takbir, sehingga orang-orang pun mengikuti mereka bertakbir.

 

Peristiwa Penting dalam Sejarah Islam: Banyak peristiwa penting dalam sejarah Islam yang terjadi pada bulan Dzulhijjah, seperti penyempurnaan haji yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim AS dan peristiwa kurban sebagai bentuk ketaatan dan pengorbanan.

 

Dengan memanfaatkan keutamaan-keutamaan ini, umat Islam dapat memperbanyak amal ibadah dan ketaatan kepada Allah SWT dalam sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah.

 

 

 

 

 

 

Post a Comment

Previous Post Next Post