Sifat Wara' Rasulullah Saw

 





Penghulu orang-oramg wara’ dan pendidik, Nabi Muhammad Saw. Ketika melihat al Hasan bin Ali bin Abu Thalib, putra dari putrinya, Fatimah, mengambil kurma sedekah dan memasukkan ke mulutnya, berkata kepadanya:

              “Kikhhk…kikhhk!” Perintah untuk memuntahkannya. Kemudian berkata: “Apakah engkau tidak sadar bahwa kita tidak memakan harta zakat.” (Nabi Muhammad Saw dan keluarganya diharamkan menerima zakat).

 Sayyidina Anas radiyallahu ‘anhu berkata: Ketka Nabi Saw melintasi suatu jalan ia melihat kurma. Beliaupun berkata: “Sekiranya aku tidak khawatir ia berasal dari zakat niscaya aku memakannya.”

              Dari Abu Hurairah, dari Nabi Saw, beliau berkata: Ketika aku berbaring dirumahku,aku dapati sebutir kurma jatuh dari tempat tidur. Akupun mengambilnya untuk memakannya. Tapi karena khawatir ia berasal dari zakat, maka akupun mengurungkannya.”

              Dari Amr bin Syu’aib, dari ayahnya, dari kakeknya, bahwa Rasulullah Saw (Ketika terjaga) dari tidur mendapatkan kurma disampingnya. Beliaupun mengambil dan memakannya. Tetapi kemudian diakhir malam beliau mengerang sehingga membuat istri beliau terkejut. Beliau berkata: “Aku menemukan kurma disampingku dan memakannya. Aku khawatir ia merupakan kurma zakat.”


Post a Comment

Previous Post Next Post