Kata-Kata Mutiara Imam Syafi'i Yang Masyhur


 

Imam Syafi'i, salah satu imam empat madzhab dalam fiqh Islam, dikenal dengan kebijaksanaan dan pemikiran yang mendalam. Berikut adalah beberapa kata-kata atau ajaran yang masyhur yang diatribusikan kepada Imam Syafi'i:

 

"Ilmu itu lebih utama daripada harta. Ilmu menjaga engkau, tetapi engkau menjaga harta. Ilmu adalah pemimpin, dan harta adalah pengikut. Harta menghilang ketika ilmu pergi, tetapi ilmu tidak akan hilang dengan pergi harta."

 

"Ketika Allah ingin memberikan kebaikan kepada seseorang, Dia memberinya pemahaman terhadap agama."

 

"Seseorang yang tidak tahu, tidak tahu bahwa ia tidak tahu, adalah orang yang bodoh. Hindarilah dia! Seseorang yang tidak tahu, tahu bahwa ia tidak tahu, adalah orang yang bodoh. Ajari dia! Seseorang yang tahu, tidak tahu bahwa ia tahu, adalah orang yang tidur. Bangunkan dia! Seseorang yang tahu dan tahu bahwa ia tahu, adalah orang yang bijaksana. Ikutilah dia!"

 

"Janganlah engkau menjadi musuh bagi seorang pemimpin, karena jika engkau melakukannya, engkau akan merusak dirimu sendiri. Dan janganlah engkau menyukai seseorang yang telah berkhianat, karena jika engkau melakukannya, engkau telah merusak agamamu."

 

"Tegakkan kebenaran walau pun melibatkan dirimu sendiri dan jangan menyimpang dari kebenaran demi kepentingan pribadi atau kelompokmu."

 

Ingatlah bahwa sumber-sumber ajaran Imam Syafi'i dapat bervariasi, dan terjemahan kata-kata beliau mungkin memiliki variasi tertentu tergantung pada sumber yang digunakan. Oleh karena itu, disarankan untuk merujuk langsung pada karya-karya asli Imam Syafi'i untuk mendapatkan pemahaman yang lebih akurat.


WALLAHU A'LAM


Post a Comment

Previous Post Next Post