Berbohong







            Jagalah lisanmu dari berbohong, baik di saat serius ataupun bergurau dan jangan membiasakan berbohong Ketika bergurau, karena hal itu akan menggiringmu kepada berbohong Ketika serius.

Sesungguhnya berbohong adalah dosa besar dan engkau dikenal sebagai pembohong, maka akan jatuhlah harga dirimu dan hilanglah kepercayaan orang lain terhadap dirimu. Bahkan semua mata akan menghinamu dan meremehkan dirimu.

Jika engkau ingin mengetahuinya jeleknya kebohonganmu, maka lihatlah kebohongan temanmu terhadap dirimu, dan lihatlah betapa betapa larinya hatimu dari teman itu dan bagaimana engkau meremehkannya serta meremehkan apa pun yang datang derinya.

Begitu pula dengan aib dirimu, karena engkau tidak bisa mengetahui aib dirimu dengan dirimu sendiri, maka engkau harus mengetahuinya dari orang lain.

Cara mengukurnya adalah bahwa apa pun yang engkau rasakan buruk dari orang lain, maka orang lain pun menganggapnya buruk dari dirimu. Karena itu, janganlah engkau rela dengan aib-aib itu berada dalam dirimu.

والله أعلم...



Post a Comment

Previous Post Next Post