5 Hal Yang Bisa Mencegah Turunnya Rahmat


Lima hal yang bisa mencegah turunnya rahmat, sebagaimana kata Imam Ghazali, adalah tindakan bijak yang harus diikuti oleh setiap individu yang mengharapkan berkah Allah. Di antara lima sifat yang harus dihindari tersebut adalah:

1. Durhaka Sama Orang Tua: Kita harus senantiasa berbakti dan tidak durhaka kepada orang tua kita, karena itulah salah satu kunci untuk mempertahankan rahmat Allah.

2. Durhaka Pada Suaminya: Suami dan istri harus saling mendukung, mencintai, dan tidak saling durhaka. Ini adalah fondasi dari sebuah keluarga yang harmonis, yang mendatangkan berkah Allah.

3. Memutuskan Tali Silaturahmi: Silaturahmi adalah tali yang harus dijaga dengan baik. Memutuskan hubungan dengan keluarga atau saudara-saudara kita dapat menghambat turunnya rahmat Allah.

4. Tidak Saling Tegur Sapa Lebih daripada 3 Hari 3 Malam: Saling bertegur sapa dengan baik dan menjalin hubungan yang hangat dengan sesama adalah tanda kebaikan hati. Jika kita tidak saling berkomunikasi selama lebih dari tiga hari tiga malam, ini bisa menghambat berkah Allah.

5. Mengkonsumsi Narkoba: Mengonsumsi narkoba adalah tindakan yang sangat merusak dan dapat membuat kita jauh dari rahmat Allah. Kita harus menjauhi hal ini agar rahmat-Nya senantiasa menyertai kita.

Imam Ghazali mengingatkan bahwa bahkan jika seseorang berada dalam Ka'bah atau berpuasa selama 1000 bulan Ramadan, jika mereka masih memiliki sifat-sifat tersebut, mereka tidak akan mendapatkan apapun dari rahmat Allah. Oleh karena itu, menjauhi lima sifat ini adalah langkah penting menuju mendapatkan berkah dan rahmat-Nya.

Post a Comment

Previous Post Next Post