Tiga Peristiwa Luar Biasa Di Bulan Ramadlan

 


Benar sekali bahwa Ramadhan adalah bulan yang mulia, penuh berkah, dan di mana umat Muslim berpuasa dan beribadah. Berikut adalah tiga peristiwa besar yang terjadi di bulan Ramadhan:

1. Bulan turunnya Al-Qur'an

Pada usia 40 tahun, Nabi diutus oleh Allah untuk membimbing umat manusia menuju pengetahuan yang benar. Pada tanggal 17 Ramadhan 13 tahun sebelum Hijriyah, Nabi menerima wahyu pertama. Menurut Syekh Mahmud Basya, waktu itu bertepatan dengan awal Februari tahun 610 Masehi. 

Nabi sering berkhalwat di gua Hira menjauh dari manusia dan beribadah khusyu selama beberapa hari, bahkan sampai satu bulan. Di gua Hira, Nabi mendapat kunjungan dari malaikat Jibril yang menyampaikan bahwa Nabi adalah utusan Allah dan menyuruhnya membaca. Meskipun awalnya Nabi tidak bisa membaca, akhirnya Jibril membacakan wahyu pertama, yaitu Surat al-Alaq ayat 1 sampai 5.

2. Perang Badar

Perang Badar atau Ghazwah Badr al-Kubra adalah perang yang menjadi awal kejayaan kaum Muslimin dan menjadi pembeda bagi mereka. Dalam peperangan ini, Nabi membawa 313 pasukan Muslim dan berhasil memporak-porandakan pasukan kafir yang berjumlah 950 orang. 

Mereka dikuatkan oleh malaikat-malaikat dan berhasil membunuh serta menawan banyak pasukan kafir Quraisy. Di antara yang terbunuh adalah Abu Jahal. Setelah perang, Nabi memerintahkan untuk menguburkan para syahid dan kafir yang terbunuh. Perang Badar terjadi pada hari Jumat 17 Ramadhan tahun 2 Hijriyah yang bertepatan dengan 13 Maret 624 Masehi.

3. Pembebasan Kota Mekah

Pada tanggal 20 Ramadhan tahun 8 Hijriyah, Nabi dan para sahabatnya berhasil menaklukkan kota Mekah dalam sebuah peperangan yang disebut perang Fathu Mekah. Perang tersebut dipicu oleh perlakuan orang Quraisy yang merusak perjanjian Hudaibiyyah. 

Dalam pertempuran itu, Nabi mengerahkan 10.000 pasukan Muslim dan berhasil memenangkan pertempuran tanpa banyak korban. Nabi juga mengutus sahabat Khalid bin Walid sebagai panglima perang dan memerintahkannya untuk tidak memulai menyerang sebelum diserang.

 Selama perang, Nabi dan pasukannya berpuasa dan bahkan berbuka di tengah jalan karena mengalami kesulitan. Pembebasan Kota Mekah dianggap sebagai peristiwa bersejarah dalam Islam.

Dalam kesimpulannya, bulan Ramadhan memiliki makna yang sangat penting bagi umat Muslim, karena di dalamnya terdapat berbagai peristiwa besar dalam sejarah Islam. Selain berpuasa dan beribadah, umat Muslim juga mengingat dan merayakan peristiwa-peristiwa tersebut sebagai bagian dari penghargaan mereka atas kebesaran Allah SWT dan kenangan akan sejarah agama mereka. 

Oleh karena itu, marilah kita bersama-sama menjaga semangat Ramadhan dan merayakan momen-momen bersejarah tersebut dengan penuh rasa syukur dan penghormatan.




Post a Comment

Previous Post Next Post