Pentingnya Berbaik Sangka

 


Mengalami prasangka buruk atau su'uzon terhadap orang lain bukanlah hal yang sepele. Hal ini adalah penyakit yang berbahaya yang dapat mengancam keimanan seseorang. Orang yang terkena penyakit ini cenderung jauh dari kesalehan.

Sehingga ayat Al-Qur’an yang berbicara mengenai hal ini ditutup dengan perintah untuk bertakwa dan bertaubat. Allah SWT berfirman:

يا ايّها الذين أمنوااجْتَنِبُوا كَثيرًا من الظَّنِّ* إن بعضَ الظنِّ إثْمٌ ولا تجَسَّسُوا ولا يَغْتَبْ بعضُكم بعضًا* أيُحِبُّ احدُكم أن يأكُلَ لحْمَ أخِيه مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوه* واتّقوااللهَ إنّ اللهَ توّابٌ رحيم 

“Wahai orang-orang yang beriman, jauhilah banyak dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa, dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain, dan janganlah ada di antara kamu sekalian yang menggunjing sebagian yang lain. Apakah ada di antara kalian yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kalian merasa jijik. Dan bertakwalah kepada Allah, sungguh Allah Maha Penerima Taubat, Maha Penyayang.” (QS. Al-Hujurat: 12)  
Ayat di atas melarang prasangka buruk yang mengandung dosa. Prasangka buruk merupakan sebuah penyakit hati yang sangat berbahaya karena dapat mempengaruhi perilaku dan tindakan seseorang menjadi tidak terpuji. Meskipun prasangka buruk tidak berwujud dalam tindakan fisik yang konkret, namun dampaknya sangat merusak dan bisa membuat seseorang melakukan hal-hal yang tidak baik. Oleh karena itu, sangat penting untuk menghindari prasangka buruk dalam hubungan antar sesama.

Oleh karena itu, meskipun su’uzon merupakan prasangka di dalam hati, ia tetap dilarang karena banyak mengandung dosa. Bahkan dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW menyebut prasangka (buruk) sebagai “ucapan” yang paling dusta. Beliau bersabda:

 اِيّاكُم والظنَّ فاِن الظنَّ اَكْذَبُ الحَدِيث

"Jauhilah prasangka buruk, karena  prasangka buruk adalah ucapan yang paling dusta.” (HR. Al-Bukhari) Hadits di atas sangat penting untuk direnungkan dan dipahami karena penyakit hati berupa prasangka buruk merupakan maksiat yang samar dan terkadang diremehkan oleh manusia. Padahal Rasulullah SAW menyamakan prasangka buruk yang hanya berupa pikiran dan belum diucapkan itu dengan ucapan, bahkan ia disamakan dengan perkataan yang paling dusta. 

 

Post a Comment

Previous Post Next Post