3 Pahala Yang Tidak Akan Putus

 


Ada tiga amalan yang kelak akan menyelamatkan kita, bahkan ketika kita sudah meninggal masih bisa menerima pahala dari amalan tersebut.

 

Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah bersabda:

 إِذَا مَاتَ ابْنُ آدَمَ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلا مِنْ ثَلاثٍ : صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ ، أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Artinya: Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang berdoa baginya.”

 

1.     Sedekah jariyah

Sedekah jariah adalah sesuatu yang diberikan dalam bentuk apapun, misalkan memberi pada orang miskin, waqaf tanah, pembangunan lembaga-lembaga pendidikan, dll.

 

2.    Ilmu yang bermanfaat

Ilmu yang bermanfaat dapat berbentuk usaha mengajak seseorang kepada jalan yang benar, dan mengajak pada hal yang bermanfaat.

 

Rasulullah shalallahu alaihi wassalam bersabda, “barang siapa yang menyeru pada kebaikan, maka dia mendapatkan pahala sebagaimana pahala orang yang mengikutinya”, (HR. Muslim)

 

3.    Doa anak soleh

Maksud doa anak soleh disini adalah amal ibadah dan kebaikan dari anak yang soleh akan mengalirkan pahala kepada kedua orang tuanya sampai orang tuanya meninggal.

 

Sehingga peran anak soleh sangat penting agar orang tuanya selamat dunia dan akhirat.

 

Wallahu A’lam.

 

 

Hafimultimedia

Post a Comment

Previous Post Next Post