HARI YANG BAGUS UNTUK MENUNTUT ILMU

 



Di saat-saat seperti ini, tentu banyak orangtua yang menyerahkan ke tempat-tempat tertentu untuk menuntut ilmu, yang di antaranya pondok pesantren. Karena, pesantren menurut pandangan kita lebih terjaga lingkungan dan tindak-tanduk seorang anak dalam keseharian. Namun, menjadi suatu pertimbangan bagi orangtua untuk memilih hari yang tepat untuk menyerahkan anaknya untuk menuntut ilmu. Hari apakah yang baik dalam memulai belajarnya?


JAWAB: adalah di antaranya hari Rabu. Di dalam kitab ta’limul muta’allim yang kita pelajaripun di situ dijelaskan “konon guru kami syeikhul Islam Burhanuddin, tepat memulai belajar pada hari Rabu, dan tentang itu beliau meriwayatkan sebuah hadits. Yang dijadikan dasar beliau seraya berkata : “Rasulullah saw telah bersabda, tidaklah dari sesuatu yang di mulai pada hari Rabu pasti sempurna”


Hal demikian juga dilakukan oleh Imam Abu Hanifah, beliau meriwayatkan hadits ini dari gurunya Asy Syeikh Al-Imam Al-Ajall Qiwamuddin Ahmad Bin Abdurrasyid


Ajaran semacam ini sangat berdasar karena hari Rabu adalah dimana hari diciptakannya Cahaya. Juga hari rabu itu adah hari sial bagi orang-orang kafir, yang berarti menjadi hari penuh berkah bagi orang-orang Mukmin.

 

WALLAAHU A'LAM







Post a Comment

Previous Post Next Post