Diantara Factor Yang Menjadi Sebab Lemahnya Sesorang Dalam Menuntut Ilmu

 



1.    1. Lingkungan


Jika suatu ligkungan (orang-orang di sekitar kita) itu baik, maka kemungkinan orang yang ada di dalamnya juga akan baik. Begitu juga sebaliknya kalo di suatu lingkungan tidak baik maka dimunkinkan orang-orang yang ada di dalamnya tidak baik atau bahkan bisa menjadi suatu kerusakan pada lingkungan tersebut.

 


Dan terkadang teman yang ada di sekitar kita itu juga bisa menjadi sebab akan kegagalan seseorang. Karena, orang yang baik apabila berteman dengan orang yang tidak baik maka akan cepat menularnya kepada sesuatu yang tidak baik.



2.         2.   Orang Tua


Di suasana pesantren orang tua itu tidak diperkenangkan untuk bertemu dengan anaknya, karena dapat mengganggu terhadap kefokusan anak yang sedang menuntut ilmu.



Disaat orang tua menyerahkan anaknya kepesantren, maka disaat itu juga orang tua tidak serta-mereta bertindak semaunya, Termasuk untuk menemui anaknya.

 

3.     3.Akhlak Kepada Guru


Sudah sepantasnya bagi seorang pelajar itu menghormati atau menta’dzimi guru. Memang benar kalo ada guru yang mengatakn “Kalian mau menghormati atau ndak itu tidak berpengaruh terhadap kita kita biasa biasa aja”. Akan tetapi kita seorang murid wajib menghormati dan menta’dzimi guru, karena 70%  manfaat ilmu yang kita dapatkan itu disebabkan bagaiman kita memuliakan guru, Adapun 30% nya itu disebabkan dengan sebab-sebab yang lain.

HASAN JUFRI | Official Website

4.     4. maksiat

 

Post a Comment

Previous Post Next Post