Takut Kepada Allah Swt



Islam ialah agama yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW untuk umat manusia, agar dapat bahagia didunia dan diakhirat.

Inti dari ajaran islam (rukun Islam) adalah bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah Swt dan Nabi Muhammad Saw adalah utusan Allah, mendirikan sholat, menunaikan zakat, berpuasa di bulan Ramadhan, dan pergi haji bila mampu.

Dalam Islam Tuhan pencipta manusia dan seluruh alam semesta adalah Allah SWT. Tidak akan pernah ada alam semesta, manusia, dan kehidupan jika Allah Swt tidak menciptakannya. Tiadalah Allah menciptakan segala di dunia, kecuali memiliki tujuan yang jelas.

Sebagai hamba Allah Swt kita harus senantiasa melaksanakan segala perintahnya dan meninggalkan segala larangannya. Sebagaimana tujuan Allah menciptakan kita tidak lain hanyalah untuk beribadah kepadanya. Dalam Al-Quran disebutkan bahwa:

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

“Dan tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia melainkan untuk beribadah kepada-Ku (saja)” (QS. Adz-Dzaariyaat: 56).

Dalam bahasa Arab, hamba Allah disebut Abdullah ('Abd Allah). Hamba ('abid) artinya orang yang mengabdi atau orang yang beribadah. kedudukan segala makhluk ciptaan Allah adalah sebagai hamba Allah

Kita hidup didunia ini hanyalah sementara saja, janganlah kita isi kehidupan yang sebentar ini dengan hal-hal yang sia-sia. Dalam berbuat kita haruslah yakin bahwa Allah Swt selalu mengawasi kita dan sudah seharusnya kita merasa takut kepada Allah Swt karena dosa-dosa yang telah kita perbuat.


Ungkapan yang terkenal di dunia tasawuf yaitu anta maqshudi wa ridhaka mathlubi (Engkaulah tujuan kami dan hanya keridhaan Engkaulah yang kami cari). hanya Allah-lah tujuan hidup dan keridhaan-Nya merupakan satu-satunya motivasi amaliah

Post a Comment

Previous Post Next Post