Mencari Ridha Allah Swt dengan tiga Amalan



Dalam Islam manusia berasal dari satu asal yaitu dari Nabi Adam dan Hawa. Manusia merupakan makhluk yang Allah SWT ciptakan dalam sebaik-baik bentuk. Di samping itu manusia dibekali dengan ilmu pengetahuan dan akal serta kemauan, dengan demikian dia tau membedakan mana yang baik dan yang benar.

 

Namun banyak manusia yang salah dalam bertingkah karena hawa nafsu yang ada dalam diri mereka, dan suatu hal yang sangat sulit untuk dikendalikan yaitu mengendalikan hawa nafsu. Bahkan Jihad yang paling besar menurut hadist nabi muhammmad saw adalah melawan hawa nafsu.

 

Jihad yang paling utama dalam islam yaitu jihad melawan hawa nafsu sebagaimana hadits Rasulullah saw sebagai berikut:

أَفْضَلُ الْجِهَادِ أَنْ يُجَاهَدَ الرَّجُلُ نَفْسَهَ وَ هَوَاهُ

 

Artinya: Jihad yang paling utama adalah seseorang berjihad berjuang melawan dirinya dan hawa nafsunya.

 

Ada tiga amalan yang utama dilakukan oleh setiap muslim untuk mendapatkan pahala dan ridha Allah Saw, yaitu :

1.     Menilai Diri Sendiri

Diri sendiri adalah hal yang paling dekat dengan kita; bila kita tidak mengenal kepada diri sendiri, lantas bagaimana mungkin kita bisa mengenali Allah Swt?, Imam al-Ghazali juga mengutip hadits Rasulullah “man ‘arafa nafsah faqad ‘arafa rabbah” (siapa yang mengenal dirinya, ia mengenal Tuhannya)

2.    Dzikir kepada Allah disetiap keadaan

Orang yang selalu ingat pada Allah Swt akan mendapat kemudahan dalam mengatasi berbagai rintangan yang datang menghadang. Hal itu terjadi karena Allah selalu ingat dan memperhatikan keadaan orang yang selalu ingat pada-Nya, Dia selalu memberi pertolongan kepada orang yang selalu ingat pada-Nya. Firman Allah dalam surat Al Baqarah 152 :

فَاذْكُرُوْنِيْٓ اَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْا لِيْ وَلَا تَكْفُرُوْنِ

 

Artinya: Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat) -Ku. (Al Baqarah 152).

3.    Membantu saudara dengan harta

Orang yang banyak bersedekah, ia seperti air yang memadamkan api. Dosa-dosa kita dihapuskan dengan pahala kebaikan yang berlimpah dari amalan sedekah. Dengan sedekah, Allah SWTakan menghapus dosa-dosa hamba-Nya. Untuk itulah, sedekah bisa menjadi salah satu amalan yang harus konsisten kita lakukan.

Rasulullah Saw bersabda, “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api.” (HR. At-Tirmidzi).

 

 

Wallahu A’lam

Post a Comment

Previous Post Next Post