BREAKING NEWS

Author

Wednesday, September 8, 2021

MEMPERBANYAK ZIKIR



Sebagai orang islam sudah seharusnya kita selalu bertakwa kepada Allah Swt, yaitu dengan cara selalu mengingat segala yang telah diperintahkannya dan segala yang dilarang olehnya. Disetiap waktu yang kita punya, isilah dengan memperbanyak beribadah dan amalan-amalan sunnahnya Rasulullah Saw.

 

Suatu ketika seorang laki-laki bertanya kepada Rasullah Saw “wahai Rasulullah Beritakanlah kepadaku sesuatu yang dapat mencukupkan diriku dalam melakukannya”. Lalu Rasulullah Saw bersabda “Hendaklah senantiasa lidahmu basah karena mengingat Allah Swt”

 

Dari sabda nabi diatas dapat kita pahami bahwa mengingan Allah itu merupakan ibadah dan memiliki pahala yang agung disisi Allah. Dan dalam suatu Riwayat dikatakan: ‘tiada sedekah yang paling utama dari pada mengingat Allah Swt (zikrullah).

 

Hendaknya bagi setiap orang beriman banya mengingat kepada Allah Swt kerana sesungguhnya mengingat Allah adalah amalan yang paling dicintai oleh Allah Swt.

 

Keutamaan zikir dalam Al-Qur’an dan Hadis adalah:

·     diberi ketentraman oleh Allah Swt

·     penghapus dan pelebur dosa

·     dilancarkan dan diberkahkan rezekinya

·     dijanjikan surga.

 

Zikir merupakan pekerjaan hati dan lisan untuk senantiasa bertasbih serta mengagungkan Allah SWT.

 

Allâh Swt memerintahkan kaum Mukminin untuk banyak berdzikir kepada-Nya dan Allâh memuji orang-orang yang banyak berdzikir. Allâh Azza wa Jalla berfirman :

 

 يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اذْكُرُوا اللَّهَ ذِكْرًا كَثِيرًا ﴿٤١﴾ وَسَبِّحُوهُ بُكْرَةً وَأَصِيلًا

 

Artinya: Wahai orang-orang yang beriman! Ingatlah kepada Allâh, dengan mengingat (nama-Nya) sebanyak-banyaknya, dan bertasbihlah kepada-Nya pada waktu pagi dan petang.” [al-Ahzâb/33:41-42]

 

Dari Ayat diatas bahwa setiap waktu kita haruslah diisi dengan zikir dan menginganakan anugrah Allah Swt yang telah diberikan kepada kita, yaitu dengan memperbanya membaca tasbih, tahlil, tahmid, dan takbir.

 

dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh sahabat Abi Hurairah yang berbunyi:

 

 ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﻫﺮﻳﺮﺓ، ﻗﺎﻝ: ﻗﺎﻝ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ: ” ﻛﻠﻤﺘﺎﻥ ﺧﻔﻴﻔﺘﺎﻥ ﻋﻠﻰ اﻟﻠﺴﺎﻥ، ﺛﻘﻴﻠﺘﺎﻥ ﻓﻲ اﻟﻤﻴﺰاﻥ، ﺣﺒﻴﺒﺘﺎﻥ ﺇﻟﻰ اﻟﺮﺣﻤﻦ: ﺳﺒﺤﺎﻥ اﻟﻠﻪ ﻭﺑﺤﻤﺪﻩ، ﺳﺒﺤﺎﻥ اﻟﻠﻪ اﻟﻌﻈﻴﻢ

 

Artinya: Diriwayatkan dari sahabat Abi Hurairah berkata: Nabi bersabda: Dua kalimat yang sangat ringan diucapkan lisan, serta menjadikan beratnya timbangan amal, dan menjadikan tambah dicintai oleh Allah, yaitu subhanallah wa bihamdihi subhanallahi al’adzim. (HR. Muslim).

 

Wallahu A’lam.

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © 2014 HASAN JUFRI | Official Website. Designed by OddThemes