BREAKING NEWS

Author

Tuesday, August 3, 2021

MENJAGA HATI


 

Apa Itu Hati?

Hati merupakan salah satu organ yang perannya sangat vital dalam tubuh manusia. Organ yang sering disebut liver ini merupakan organ terbesar di dalam tubuh. Hati terletak di rongga perut kanan bagian atas, tepat di bawah rusuk bagian kanan. Organ ini memiliki dua bagian, yaitu bagian kanan dan kiri.

 

Hati memiliki fungsi bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Fungsi hati mulai dari menghancurkan racun di dalam darah, menghasilkan protein, hingga membantu proses pencernaan.

 

Dalam agama islam hati adalah unsur utama bagi setiap umat manusia karena dengan hati seseorang bisa mengetahui mana yang baik dan mana yang buruk. jika hati baik maka seluruh raga ini akan ikut baik, namun jika hati rusak maka seluruh raga ini akan ikut rusak.

Sebagaimana sabda Rasulullah Saw :

 

أَلَا إِنَّ فِي الجَسَدِ مُضْغَةً إِذَا صَلَحَتْ صَلَحَ الجَسَدُ كُلُّهُ, وَإِذَا فَسَدَتْ فَسَدَ الجَسَدُ كُلُّهُ؛ أَلَا وَهِيَ القَلْبُ

 

Artinya: “Ingatlah, dan sesungguhnya di dalam hati itu terdapat segumpal darah. Jika ia baik, baik (pula) seluruh tubuh. Dan bila ia rusak, rusak pula seluruh tubuh. Ketahuilah, ia adalah hati.”. Hadis ini diriwayatkan Imam Bukhari dan Imam Muslim (Muttafaqun Alaih).

 

Sebagai seorang yang memiliki keimanan maka kita haruslah memelihara hati ini dengan menjauhi perbuatan yang tercela yang dapat menjemuskan kita kepada kesesatan, dan kita harus kita harus menjauhi penyakit-penyakit hati seperti : sombong, riya’, iri dll.

 

Menjauhi penyakit hati memang sangatlah berat namun jika kita selalu menuruti kehendahnya maka kita akan menjadi seseorang yang tercela. Contoh sikap sombong dan riya’, keduanya sangat berbahaya karena keduanya bisa menghilangkan pahala sebagaimana api memakan kayu bakar.

 

 

Wallahu A’lam

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © 2014 HASAN JUFRI | Official Website. Designed by OddThemes