BREAKING NEWS

Author

Wednesday, August 18, 2021

KEUTAMAAN BULAN MUHARRAM



Muharam adalah bulan istimewa di sejarah Islam. Pada 2020 ini, tahun baru Islam atau 1 Muharam jatuh pada Kamis, 20 Agustus. Di bulan ini juga, terdapat anjuran untuk puasa Tasu'a dan Asyura, serta memperbanyak amal baik dan menghindari perbuatan dosa.

 

Amalan utama dibulan muharram adalah berpuasa. Amalan puasa adalah ibadah yang khusus dipersembahkan kepada Allah SWT. Umat Islam yang berpuasa pada Muharam dianggap sudah berpuasa dengan amalan paling utama di sisi Allah SWT.

 

Hal ini tergambar dalam sabda Nabi Muhammad SAW: “Sebaik-baik puasa setelah Ramadan adalah puasa di bulan Allah, yaitu bulan Muharam,” (HR. Muslim)

 

Bulan Muharram pada hari Asyura disebut sebagai hari kebebasan Musa dari kejaran Fira’un, dan umat Muslim sangat disunahkan berpuasa pada tanggal itu.

 

Dari ’Aisyah Radhiyallahu ’anha, beliau berkata :

 

 كَانَ يَوْمُ عَاشُورَاءَ تَصُومُهُ قُرَيْشٌ فِى الْجَاهِلِيَّةِ ، وَكَانَ رَسُولُ اللَّهِ  صلى الله عليه وسلم  يَصُومُهُ ، فَلَمَّا قَدِمَ الْمَدِينَةَ صَامَهُ ، وَأَمَرَ بِصِيَامِهِ

 

“Orang-orang Quraisy biasa berpuasa pada hari asyura di masa jahiliyyah, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pun melakukannya pada masa jahiliyyah. Tatkala beliau sampai di Madinah beliau berpuasa pada hari itu dan memerintahkan umatnya untuk berpuasa.”

 

Kita yang masih punya kesempatan sehat dan waktu maka seyogyanya kita tidak menyia-nyiakan keutamaan bulan Muharram ini, dengan memperbanyak amal ibadah seperti : memperbanyak sedekah, banyak baca Al qur’an, terutama ibadah puasa.

 

Wallahu A’lam

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © 2014 HASAN JUFRI | Official Website. Designed by OddThemes