MENERAPKAN SIFAT TAAT KEPADA ATURAN

 



MENERAPKAN SIFAT TAAT KEPADA ATURAN

 

Sebagai muslim yang baik, sudah menjadi kewajiban kita untuk mentaati segala peraturan yang ada di sekitar kita. Menumbuhkan dan menerapkan sikap taat kepada aturan memang bukanlah sesuatu yang mudah. Ia memerlukan komimetmen dan konsisten yang kuat dalam diri kita untuk melaksanakanya.

 

Lingkungan keluarga adalah tempat yang paling tepat untuk memulai menerapkan sifat taat kepada aturan karena hidup adalah sebuah aturan yang harus kita taati, hal ini dapat dimulai dengan membuat aturan yang yang melibatkan seluruh anggota keluarga. Setiap anggota keluarga harus mengetahui dan melaksanakan hak dan kewajibanya dengan baik.

 

Beberapa contoh aturan dalam lingkungan keluaga misalnya, merapikan tempat tidur masing-masing ketika bangun tidur, melaksanakan tugas di rumah yang menjadi tanggung jawabanya masing-masing, menjaga hubungan yang baik terhadap seluruh anggota keluarga, menghormati orang tua dan menyayangi saudara, dan lain sebagainya.

 

Setelah dapat melaksanakan dan menaati segala aturan yang ada dalam lingkungan keluarga, selanjutnya berusaha untuk menerapkanya di lingkungan sekolah dan masyarakat. Di sekolah kita harus selalu mentaati peratutan yang di buat di sekolah. Misalnya, berbakti kepada guru dengan cara melaksanakan perintah dan nasihat-nasihat yang baik, menghormati guru, karyawan, dan pegawai sekolah lainya, belajar dengan tekun dan disiplin, serta mematuhi peraturan dan tata tertib yang ada di sekolah.

 

Sedangkan dalam kehidupan di masyarakat, menaati aturan atau norma yang berlaku merupakan sesuatu yang mutlak kita lakukan. Setiap dari mesti mempunyai aturan, adat atau norma yang berbeda-beda, tapi memiliki tujuan yang sama, yakni menciptakan kehidupan masyarakat yang aman, rukun, damai tentram, dan sejahtera. Kita harus menghormati, mentaati, dan melaksanakan aturan daerah di mana kita tinggal. Aturan yang ada di masyarakat misalnya, menjaga nama baik kampung atau desa, menghargai dan menghormati tetangga, menjaga kebersihan lingkungan, mentaati semua aturan yang ada.

 

Nilai-nilai agama yang disampaikan oleh Sayyid Muhammad dalan interaksi yang dipaparkan adalah menghormati, menghargai, memuliakan, mengarahkan,mengigatkan, dan mematuhi. Menasehati demi terwujudnya negara yang ail dan Makmur di bawah paying agama.

 

Dengan demikian jika pemerintah keluar dari zona keadilanya maka tugas rakyat untuk menasehati agar kembali pada sifat keadilanya.

Post a Comment

Previous Post Next Post