MENCEGAH LEBIH BAIK DARI PADA MENGOBATI



Setiap orang didunia ini pastilah menginginkan kesehatan dan sangat banyak orang yang sehat tidah menyadari betapa besarnya nikmatnya kesehatan itu. Nikmatnya kesehatan tersebut terasa berharga bagi orang-orang yang sakit.

 

Jadi kita yang masih sehat alangkah baiknya untuk selalu mensyukuri segala pemberian Allah Swt terutama tentang kesehatan.

 

Dalam Al Quran Surat Ibrahim Ayat 7 disebutkan :

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِن شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِى لَشَدِيدٌ

 

Artinya: Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”. [QS Ibrahim Ayat 7]

 

Tafsir Al Quran Surat Ibrahim Ayat 7

Musa berkata kepada mereka, ”dan ingatlah ketika tuhan kalian memberitahukan dengan pemberitahuan yang tegas, ’jika kalian bersyukur kepada-Nya atas nikmat-nikmat-Nya, pastilah Dia akan memberikan tambahan karunia kepada kalian, dan jika kalian mengingkari nikmat-nikmat Allah, niscaya dia benar-benar akan menyiksa kalian dengan siksaan yang pedih.” [tafsir mukhtassar].

 

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Kata tersebut mungkin memang tepat bagi kita untuk dijadikan pedoman agar selalu menjaga kesehatan yang tidak ternilai harganya. Sebab dengan kita mencegah dari segala penyakit baik itu dengan rajin olahraga, memakan makanan yang sehat itu jauh lebhih baik dari pada kita mengobati ketika kita terkena penyakit.

 

Pepatan aranb mengatakan bahwa :

الْوِقَايَةُ خَيْرٌ مِنَ الْعِلَاجِ

 

Artinya : “Mencegah lebih baik daripada mengobati”

 

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Seringkali kita mendengar slogan itu. Mencegah jauh lebih murah, tidak perlu keluar banyak biaya, tidak kehilangan waktu produktif, tidak merasa sakit, sedih dan khawatir.

 

Wallahu A’lam

Post a Comment

Previous Post Next Post