Buatlah orang lain bahagia dengan senyummu

 

Buatlah orang lain tersenyum



Kita diajarkan oleh baginda Nabi untuk selalu tersenyum ketika bertemu orang lain, karena tersenyum dapat menghilangkan amarah yang ada di dalam hati. Baik atau burukkah takdir allah kepada kita tetaplah mengucapkan Alhamdulillah karena masih sangat banyak nikmat yang terkadang kita terlena dan lupa untuk mensukurinya.


Tersenyummu adalah shadaqah.


Senyum ialah mengepresikan wajah yang indah dan ramah kepada orang lain. Senyum merupakan salah satu bentuk shadaqah yang sangat mudah untuk kita amalkan. Sebagai mana Hadits Nabi Saw.: Diriwayatkan dari Abu Dzar ra. berkata, Bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:


تَبَسُّمُكَ فِى وَجْهِ أَخِيكَ لَكَ صَدَقَةٌ

 

“Senyummu di hadapan saudaramu (sesama muslim) adalah (bernilai) sedekah bagimu“ (HR. Tirmidzi)


Nabi selalu tersenyum ketika bertemu orang lain.


Tersenyum merupakan salah satu sunnah nabih yang sangat sering Nabi amalkan. Bahkan Nabi dikatan tidak pernah bertemu dengan sahabatnya kecuali dengan keadaan tersenyum.  Karena tatkala kita menampakkan wajah  tersenyum maka akan timbul rasa senang dan bahagia pada hati orang lain, yang hal itu merupakan suatu kautmaan kesunnahan Nabi.


Dari sahabat Jarir bin Abdillah menceritakan:


 

مَا رَآنِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مُنْذُ أَسلَمْتُ إِلَّا تَبَّسَم فِي وَجْهِي

 

“Rasulullah tidak pernah melihatku sejak aku masuk islam, kecuali beliau tersenyum”. (H.R. Bukhari)

 

Senyum adalah media untuk berbuat baik.


Senyum merupaka shadaqah yang amat muda kita amalkan. Kita tidak memiliki begitu banyak harta yang dapat kita berikan kepada saudara kita sesama muslim tapi dengan tersenyum ceria inilah kita dapat membhagiakan orang lain. Sebagaimana sabda Nabi Saw.:


Kamu tidak akan mampu berbuat baik kepada semua manusia denga hartamu, maka hendaknya kebaikanmu sampai kepada mereka dengan keceriaan (pada) wajahmu.” (HR. al-Hakim).

 


Janganlah meremehkan amalan senyum.


Rasulullah Saw. bersabda:

لَا تَحْقِرَنَّ مِنَ الْمَعْرُوفِ شَيْئًا، وَلَوْ أَنْ تَلْقَى أَخَاكَ بِوَجْهٍ طَلْقٍ

 

“Janganlah engkau meremehkan kebaikan sedikitpun, meskipun hanya dengan bertemu dengan saudaramu dengan wajah yang berseri”. (H.R. Muslim).

 


Post a Comment

Previous Post Next Post