KEWAJIBAN ORANGTUA pada ANAKNYA



Orangtua wajib untuk mengajarkan kepada anaknya tentang ilmu dan budi pekerti yang baik.

 juga wajib bagi orangtua memberi perhatian lebih dalam melihat pargaulan anaknya dan menjaga anaknya agar tidak berteman dengan orang yang tidak baik budi pekertiya atau bisa disebut dengan orang yang nakal.

Bagi orangtua juga wajib mengajarkan anaknya dengan kebenaran, mengenal agama, mendidik anak untuk mencintai kebaikan dan mencintai keluaganya, mempunya keinginan yang kuat untuk beramal dengan kebaikan dan tidak menyukai orang yang melakukan kerusakan.

Di atas tujuannya agar pertumbuhan seorang anak jangan sampai terjerumus kepada perkara yang tidak baik. Dan agar seorang anak jika tumbuh dewasa mereka cendrung kepada hal-hal yang baik dan menjauhi kepada perkara yang jelek. Dalam artian anak itu didik sejak diini sehingga kalau sudah dewasa akan mencintai kebaikan dan mambenci karusakan.

Karena seorang juga anak merupakan tanggungan orangtua, yang akan dipertanggung jawabkan kelak di hadapan Allah. Apabila seorang anak melakukan suatu kerusakan dan anak tersebut mendapatkan dosa, maka orangtua juga mendapatkan dosa. Mengapa demikian?

Jawab: karena orangtua tersebut tidak mendidik anaknya dengan baik. Beda lagi dengan orang yang sudah mendidiknya sejak kecil dengan baik, maka orangtua tersebut tidak dapat transfer dosa karena sebab anaknya yang malkukan kerusakan.

Oleh karenanya kita sebagai orangtua hendaknya merawat dan mendidik anakanya dengan sebai-baik mungkin. Dan jika orang tua tidak mampu untuk merawat dan mendidik anaknya, maka bagi orang tua untuk memasrahkan kepada oranglain supaya merawat dan mendidik anaknya sebaik munkin.


WALLAHU A’LAM

 

Post a Comment

Previous Post Next Post