BREAKING NEWS

Author

Wednesday, November 3, 2021

Salat adalah Tiang Agama



Sholat adalah perintah Allah SWT yang wajib dilakukan setiap umat muslim. Lalu, apa arti sholat itu ?

Sholat merupakan rukun Islam kedua yang terdiri dari sholat wajib dan sholat sunah. Sholat wajib artinya sholat yang apabila dikerjakan mendapatkan pahala dan jika ditinggalkan akan mendapatkan dosa. Sementara sholat sunah, kita akan mendapatkan pahala jika melakukannya tetapi jika tidak mengerjakan tidak akan mendapatkan dosa.

 

Secara bahasa salat berasal dari bahasa Arab yang artinya doa.

Sedangkan, menurut istilah, shalat adalah serangkaian kegiatan ibadah khusus atau tertentu yang dimulai dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam.

 

Di wajibkannya Salat karena ada penrintah dari dalil Alquran surat Al-Isra ayat 78 yang berbunyi :

 

أَقِمِ ٱلصَّلَوٰةَ لِدُلُوكِ ٱلشَّمْسِ إِلَىٰ غَسَقِ ٱلَّيْلِ وَقُرْءَانَ ٱلْفَجْرِ ۖ إِنَّ قُرْءَانَ ٱلْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا

 

Artinya: Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (malaikat).

 

Salat merupakan salah satu sarana yang paling utama dalam hubungan antara manusia dengan Allah SWT dan Salat merupakan sarana komunikasi bagi jiwa manusia dengan Allah swt. Shalat juga mempunyai kedudukan yang sangat penting dan mendasar dalam Islam, yang tidak bisa disejajarkan dengan ibadah-ibadah yang lain.

 

Amalan yang pertama kali dihisab kelakpun Salat, karena salat adalah tiang agama. Jika salatnya roboh maka amalan lainpun akan ikut roboh. Keutamaan salat dijelaskan dalam Surat Al- Mu'minun ayat 1-2 yang berbunyi:

قَدْ اَفْلَحَ الْمُؤْمِنُوْنَ ۙ - ١

Artinya: Sungguh beruntung orang-orang yang beriman,

الَّذِيْنَ هُمْ فِيْ صَلٰو تِهِمْ خَاشِعُوْنَ - ٢

Artinya: (yaitu) orang yang khusyuk dalam salatnya,

 

 

Wallahu A’lam

 

 

hafimultimedia

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © 2014 HASAN JUFRI | Official Website. Designed by OddThemes