BREAKING NEWS

Author

Wednesday, October 27, 2021

MANFAAT ILMU

 










     MANFAAT ILMU


     Dalam redaksi matan wasoya di katakana “manfaat dari ilmu yang di ajarkan”, apa pengertian manfaat ilmu?


Jawab: Ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang bisa menambah dalam ketakutanmu kepada Allah ta’ala, bisa menambah pengetahuan batinmu tentang cacatnya dirimu, bisa menambah ma’rifatmu dalam beribadah kepada tuhanmu, bisa mengurangi rasa cintamu terhadap dunia, dan menambah rasa cinta terhadap akherat, bisa membuka mata hatimu untuk    melihat bahaya-bahayanya amal-amalmu sehingga engkau bisa menjaga dari bahaya tersebut, bisa memperlihatkanmu cara menyamarkannya setan terhadap ulama’ su’ yang menjadikan mereka mendapatkan murka Allah ta’ala, yaitu ulama’-ulama’ yang memakan dunia dengan agamanya.


 Mereka mengambil ilmu    sebagai perantara untuk mendapatkan harta dari raja, memakan harta wakaf, anak yatim dan orang-orang miskin. Mereka enggunakan waktu Panjang siangnya untuk mencari pangkat dan derajat di hati makhluk, yang menjadikan mereka menjadi pamer, adu domba, berlebihan dalam ucapan dan juga sombong.


      Ilmu manfaat yaitu ilmu yang menambah rasa takutmu pada Allah, menambah perhatianmu pada aib-aib diri kamu, meminimalisir rasa cintamu terhadap dunia. Memaksimalkan rasa cintamu pada akhirat. Membuka pandanganmu akan akibat buruk dari amal yang telah kamu lakukan sehingga lubang-lubang yang kamu lakukan dari amal kamu, dan memperlahatkan padamu terhadap bisikan.


Share this:

Post a Comment

 
Copyright © 2014 HASAN JUFRI | Official Website. Designed by OddThemes