BREAKING NEWS

Author

Saturday, October 30, 2021

Cara Agar Betah Di Pesantren



Pesantren adalah sebuah lembaga pendidikan Islam tradisional yang para siswanya tinggal bersama dan belajar di bawah bimbingan guru yang lebih dikenal dengan sebutan kiai dan mempunyai asrama untuk tempat menginap santri.

 

Pesantren juga dapat dipahami sebagai lembaga pendidikan dan pengajaran agama, umumnya dengan cara nonklasikal, di mana seorang kiai mengajarkan ilmu agama Islam kepada santri-santri berdasarkan kitab-kitab yang ditulis dalam bahasa Arab oleh Ulama Abad pertengahan, dan para santrinya biasanya tinggal di pondok (asrama) dalam pesantren tersebut.

 

Banyak sekali keutamaan yang bisa didapatkan dengan mondok dipondok pesantren, selain selain mengaji ilmu-ilmu agama ada berbagai pelajaran hidup yang bisa didapat dipondok pesantren diantaranya :

1.    Melatih kesabaran,

Sabar merupakan pelajaran yang sangat berharga, karena sabar sendiri akan didapat ketika kalian mendapat suatu cobaan, yang mana cobaan ini akan mengukur tingkat kesabaran kalian, salah satu cobaan yang ada di pondok yaitu: kiriman uangnya telat, telat dijenguk, dan uangnya habis dll.

2.    Menahan Hawa nafsu,

Nafsu dalam diri kita selalu ingin dituruti, tetapi akankah nafsu yang melanggar syariat Islam itu akan dituruti? Pastinya tidak. Oleh karena itu kita harus belajar cara mengendalikan hawa nafsu, seperti dalam Hadis nabi menjelaskan “Orang yang kuat itu bukanlah orang yang pandai bergulat tetapi orang yang kuat itu orang yang dapat menahan dirinya ketika marah (menahan hawa nafsu)”

Godaan hawa nafsu ketika kalian mondok antara lain: ingin jajan yang berlebihan, ingin membeli barang yang tak dibutuhkan dan malas mengikuti kegiatan pondok.

3.   Belajar mandiri,

Memangnya belajar mandiri harus di pondok? Jika di rumah, kemandirian anak akan kurang terasa, misalnya ketika mencuci baju sendiri, itu juga menggunakan mesin cuci. Coba kalo mencuci sendiri di pondok, menggunakan sikat baju dan itu butuh usaha untuk menyucinya, kemandirian yang ada di pondok bukan hanya itu saja, ada juga yang lain, contohnya: mengerjakan tugas sekolah sendiri, menyuci baju sendiri, dan menjaga barang kita sendiri agar tak hilang. itu semuanya merupakan bentuk kemandirian yang kita harus mampu mengatur waktunya agar bisa melaksanakannya tepat waktu.

 

Namun dari banyaknya manfaat yang akan didapat dengan mondok, masih ada saja beberapa santri yang tidak kerasan atau tidak betah ada dipondok, karena sumpek, banyak kegiatannya, tidak punya uang dll.

 

Ada beberapa cara Untuk mengatasi kesumpekkan dan kebosanan ketika ada dipondok yaitu :

1.    Jangan suka menyendiri

2.    Memperbanyak teman

3.   Lebih dekatlah pada ustad dipesantren

4.   Memiliki tekad dan niat yang kuat

5.   Senantiasa berdoa kepada Allah Swt.

 

Wallahu A’lam

 

hafimultimedia

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © 2014 HASAN JUFRI | Official Website. Designed by OddThemes