BREAKING NEWS

Author

Saturday, May 29, 2021

JADIKAN LELAHMU MENJADI LILLAH

 

Semangat Beribadah


Mungkin kita akan bertanya-tanya mengapa di dunia mengapa di dunia ini kita harus beribadah ?, tapi ketahuilah bahwa hakikat kita sebagai manusia adalah selalu beribadah mengabdikan diri kepada Sang Mahapencipta yakni Allah Swt. 

 

وَمَا خَلَقْتُ ٱلْجِنَّ وَٱلْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ


Artinya : Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.


Kita pasti sudah sangat sering mendengar ayat itu bukan?, kita haruslah sadar untuk selalu menyandarkan segala sesuatu yang kita lakukan untuk bermuara pada niat lillah.


Mungkin kita akan merasakan kelelahan saat melakukan ibadah, kita bangun malam dimana semua orang lelap dan menikmati tidurnya, kita berdzikir meneteskan air mata di waktu kadang orang lupa untuk mengingat tuhannya, kita sholat dhuha untuk mengharap rizkinya disaat terkadang orang mengambil jalan pintas untuk meraih kekayaan yang semu.


Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda:

 

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : اَلْـمُؤْمِنُ الْقَـوِيُّ خَـيْرٌ وَأَحَبُّ إِلَـى اللهِ مِنَ الْـمُؤْمِنِ الضَّعِيْفِ، وَفِـيْ كُـلٍّ خَـيْـرٌ ، اِحْـرِصْ عَـلَـى مَا يَـنْـفَـعُـكَ وَاسْتَعِنْ بِاللهِ وَلَا تَـعْجَـزْ ، وَإِنْ أَصَابَكَ شَـيْءٌ فَـلَا تَقُلْ: لَوْ أَنِـّيْ فَعَلْتُ كَانَ كَذَا وَكَـذَا ، وَلَـكِنْ قُلْ: قَـدَرُ اللهِ وَمَا شَاءَ فَعَلَ، فَإِنَّ لَوْ تَـفْـتَـحُ عَمَلَ الشَّيْطَانِ


Artinya: “Orang mukmin yang kuat itu lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah daripada orang mukmin yang lemah, namun pada masing-masing (dari keduanya) ada kebaikan. Bersemangatlah terhadap hal-hal yang berguna bagimu, mohonlah pertolongan kepada Allah, dan jangan menjadi lemah. Jika kamu ditimpa sesuatu, jangan berkata seandainya aku berbuat begini, maka akan begini dan begitu, tetapi katakanlah Allah telah menakdirkan, dan kehendak oleh Allah pasti dilakukan. Sebab kata ‘seandainya’ itu dapat membuka perbuatan setan.” (HR. Muslim).


Sehingga kita akan merasakan nikmatnya beribadah dengan iman tanpa harus kita mersakan paksaan untuk melakukan ibadah. “Jangan patah semangat karena lelahmu yang lillah tidak akan lepas dari pengawasannya”

 

Hafimultimedia

 

 


Share this:

Post a Comment

 
Copyright © 2014 HASAN JUFRI | Official Website. Designed by OddThemes