BREAKING NEWS

Author

Friday, February 5, 2021

Pentingnya akhlaq dalam keseharian oleh: Ust. Suruji Nuh.

 



Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda:


أَكْمَلُ الْمُؤْمِنِيْنَ إِيْمَانًا أَحْسَنُهُمْ خُلُقًا وَخِيَارُكُمْ خِيَارُكُمْ لِنِسَائِهِمْ خُلُقًا

 

“Orang yang imannya paling sempurna diantara kaum mukminin adalah orang yang paling bagus akhlaknya di antara mereka, dan sebaik-baik kalian adalah yang terbaik akhlaknya terhadap istri-istrinya” (HR At-Thirmidzi).


 

Alhamdulillah pada kesempatan ini kami, akan mengulas sedikit tentang akhlaq/tatakrama.


 

Seperti yang beliau sampaikan bahwa "Akhlaq adalah watak, tabiat, tatakrama seseorang yang diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari". jadi bagusnya seseorang itu dapat dilihat dari bagaimana dia bersikap dalam kesehariannya.


 

Akhlaq dibagi menjadi dua : apabila tabiat, prilaku dalam kesehariannya itu baik maka disebut Akhlaq karimah. tapi apabila tabiat, prilaku kesehariannya itu jelek maka disebut akhlaq Madzmumah.


 

Lalu kenapa sih kita harus berakhlaq? karena akhlaq itu merupakan tuntunan dan tuntutan dari Rasulullah Saw. dan juga akhlaq berguna sebagai barometer pengukur keimanan seseorang. jadi seseorang dapat diukur tebal dan tipisnya, bagus dan jeleknya iman seseorang dapat diketahui dengan bagaimana ia berperilaku sehari-hari.


 

Dari saking pentingya adab bahkan ilmupun memeiliki kedudukan dibawahnya. percuma seseorang berilmu tapi tak berakhlaq. karena ilmu yang tidak dibarengi dengan akhlaq bisa-bisa ilmu tersebut tidak mendatangkan manfaat bahkan barokah bagi para pejuan ilmu. "Al Adab Faoqal ilmi"..............


 

untuk selengkapnya mari tonton kajian ini bersama-sama....


 



Share this:

Post a Comment

 
Copyright © 2014 HASAN JUFRI | Official Website. Designed by OddThemes