Amalan-amalan Sunnah Nabi Saw sebelum tidur

 

 

Amalan ketika hendak tidur

Islam sedemikian rupa mengatur kehidupan manusia untuk selalu melakukan hal-hal yang baik, bahkan ketika kita hendak tidur juga adab dan tata cara yang baik. Mungkin selama ini teman-teman hanya mengetahui doa sebelum tidur saja untuk diamalkan.

Rosulullah Saw. Sudah banyak memberi teladan kepada kita semua apa saja kebiasaan yang baik dilakukan ketika hendak tidur. Berikut amalan yang disunnahkan ketika akan tidur:


 

Berwudhu’

 


Nabi menganjurkan agar kita ketika hendak tidur dalam keadaan suci, karena tidur dengan tanpa wudhu’ sangat rentan diganggu oleh syetan.


 

“Jika kamu mendatangi tempat tidurmu maka wudhulah seperti wudhu untuk shalat, lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu” (HR. Bukhari dan Muslim).


 

Berbaring pada sisi kanan


Sebagaimana kandungan hadits diatas Juga diantara amalan yang baik yaitu tidur dengan posisi tidur miring ke sisi kanan.


 

Diantara faidahnya yaitu agar kita selalu mengingat akan kematian karena posisi tersebut sama halnya dengan mayyit di dalam kubur. Dan juga diantaranya dikatakan oleh Ibnu Qoyyum “Tidur dengan posisi miring ke kanan dapat mempermudah seseorang bangun untuk melakukan sholat malam dan juga bermanfaat pada kesehatan jantung”.


 

Membaca Do’a


Ada ulama’ mengatakan bahwa orang tidur hamper sama dengan orang mati karena orang tersebut tidak akan tahu akan hal yang terjadi. Jadi nabi menganjurkan doa:


بِسْمِكَ اللّهُمَّ اَحْيَا وَ بِسْمِكَ اَمُوْتُ

Artinya:

“Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup, dan dengan nama-Mu aku mati”.


Membaca surat-surat akhir Al Qur’an


Surat-surat ini yaitu: Al Iklas, Al Falaq dan An Nas. Karena Rosulullah selalu membaca surat-surat tersebut ketika hendak tidur.


 

Diriwayatkan dari sayyidatuna Aisyah radhiallahu anha berkata: "Rasulullah SAW apabila hendak beranjak ketempat tidurnya setiap malam, Beliau menyatukan kedua telapak tangannya lalu meniupkan keduanya dan membacakan keduanya surat al-Ikhlas, al-Falaq dan an-Naas. Kemudian beliau mengusap dengan keduanya bagian mana saja semampunya. Beliau memulainya dari atas kepala dan wajahnya serta bagian belakang dari badannya. Beliau melakukan perkara itu tiga kali." (HR. Muslim).


 

Membaca sholawat


Membaca sholawat ketika hendak tidur karena sholawat dapat membaut hati seorang menjadi tenang, dan juga dengan harapan agar dalam tidur kita dapat bermimpi Rolulllah Saw. Dan dapat dikumpulkan Bersama Nabi di Surga.


وعن ابن مسْعُودٍ أنَّ رسُول اللَّهِ ﷺ قَالَ: أَوْلى النَّاسِ بِي يوْمَ الْقِيامةِ أَكْثَرُهُم عَليَّ صَلاَةً رواه الترمذي


"Manusia yang paling berhak bersamaku pada hari kiamat ialah yang paling banyak membaca shalawat kepadaku." (HR Tirmidzi).

 

 


Post a Comment

Previous Post Next Post