BREAKING NEWS

Author

Sunday, February 7, 2021

Inilah beberapa perkara penyebab sifat bakhil yang harus kita jauhi.


sebab kita bakhil


Sifat bakhil merupakan salah satu perkara yang dibenci Allah Swt. Bakhil merupakan penyakit yang membuat orang sangat mencintai akan sesuatu seakan-akan hal tersebut merupakan miliknya yang tidak akan pernah hilang, padahal hakikatnya segala sesuatu itu milik Allah Swt.

هَٰٓأَنتُمْ هَٰٓؤُلَآءِ تُدْعَوْنَ لِتُنفِقُوا۟ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ فَمِنكُم مَّن يَبْخَلُ ۖ وَمَن يَبْخَلْ فَإِنَّمَا يَبْخَلُ عَن نَّفْسِهِۦ ۚ وَٱللَّهُ ٱلْغَنِىُّ وَأَنتُمُ ٱلْفُقَرَآءُ

 

“Ingatlah, kalian adalah orang-orang yang diminta untuk menafkahkan sebagian harta kalian di jalan Allah, namun di antara kalian terdapat orang-orang yang bakhil. Siapa pun yang bersikap bakhil (kikir), maka sesungguhnya ia bakhil (kikir) terhadap dirinya sendiri, sebab Allah Maha Kaya dan kalian adalah orang-orang miskin. …….(QS Muhammad: 38).

 


Takut akan kemiskinan


Setiap orang pasti tidak akan ingin yang namanya jatuh miskin pasti akan memilih hidup berkecukupan. Namun hal tersebut bukanlah hal yang mudah, seseorang harus bekerja mencari nafkah dengan susah panya. Tapi perlu kita pada setiap harta kita yang dikaruniakan Allah ada sebagian milik orang lain. Beranggapan bahwa ketika kita bersedekah akan menghabiskan harta kita itu merupakan hal salah dan merupakan tipu daya setan, justru harta kita akan lebih berkah jika berbagi kepada orang laian. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad Saw.:


“Harta tidak akan berkurang dengan sedekah Dan seorang hamba yang pemaaf pasti Allah tambahkan kewibaan baginya”.(HR MUSLIM)


Cinta dunia


Perlu kita ingat bahwa ingat bahwa harta bukanlah segalanya, harta yang kita punya bukanlah milik kita, itu hanya titipan dari Allah swt, jadi tidaklah patut bagi kita untuk terlalu mencinyai dunia. Wahai kawanku sekalian perlu kita ingat bahwa hakikat harta kita adalah harta yang kita sedekahkan yang akan kita petik pada hari esok. Lalu kalian akan pilih mana ? akhirat atau dunia ?.


 

Kurangnya Iman


Banyak firman dan hadits yang menunjukkan akan manfaat kita bersedeakah, lalu mengapa kita terkadang sangt berat untuk bersedekah….?. mungkin saja itu karena mminim nya keimanan kita, seharusnya kita sangat yakin akan frman Allah Swt. Dibawah ini:


 

وَمَآ أَنفَقْتُم مِّن شَىْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُۥ


Artinya: Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dial lah pemberi rezeki yang sebaik- baiknya (Q.S Saba’: 39)



hafimultimedia

 

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © 2014 HASAN JUFRI | Official Website. Designed by OddThemes