BREAKING NEWS

Author

Tuesday, February 23, 2021

Ibuku Prioritas Masa Depanku

hormatilah ibumu



Orang tua adalah sebab utama kita bisa menghirup nafas di dunia ini, karena beliau lah yang telah melahirkan, membesarkan serta merawat kita. kadang kita sering melupakan hal ini, ketika diperintah orang tua kita sering kali enggan dan malas melakukannya, ketika kita dipanggil sering kali kita abaikan.


 

Bahkan seorang ibu rela mempertaruhkan jiwa dan raganya demi lahirnya kita ke dunia. Begitu besar hutang budi kita kepada orang tua yang telah membesarkan kita dari anak-anak hingga menjadi dewasa. Orang tua adalah taman pendidikan yang pertama bagi seorang anak, seorang ibu rela kehilangan kebahagiaanya demi melihat kita bahagia, menyimpan semua keinginannya mendahulukan keinginan anaknya yang kita sebagai anak lalai akan hal itu.

 


Rasulullah Saw bersabda:


الْوَالِدُ أَوْسَطُ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ فَإِنْ شِئْتَ فَأَضِعْ ذَلِكَ الْبَابَ أَوِ احْفَظْهُ

 

“Orang tua adalah pintu surga yang paling baik. Kalian bisa sia-siakan pintu itu atau kalian bisa menjaganya” (HR. Tirmidzi).

 


Hadits diatas menjelaskan kepada kita tentang salah satu pintu surga adalah orang tua. Banyak orang berlomba mencari amal baik, berlomba-lomba bershadaqah, berzakat, berhaji berkali tapi kita lupa dengan pintu surga yang amat dekat yakni orang tua kita.

 


Rasulullah pernah bersabda:  

 

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَلَا أُحَدِّثُكُمْ بِأَكْبَرِ الْكَبَائِرِ قَالُوا بَلَى يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ الْإِشْرَاكُ بِاللَّهِ وَعُقُوقُ الْوَالِدَيْنِ

 


Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: “Maukah aku beritahukan kepada kalian tentang dosa-dosa yang paling besar?" Para sahabat menjawab; “Tentu, wahai Rasulullah!” Beliau bersabda: "Mempersekutukan Allah dan durhaka kepada kedua orang tua.”

 


Janganlah kita termasuk dari apa yang telah Rosulullah sampaikan dalam hadits tersebut. Bahkan Allah meletakkan kalimat عُقُوقُ الْوَالِدَيْنِ setelah kalimat الْإِشْرَاكُ بِاللَّهِ hal ini menunjukkan begitu besarnya durhaka kepada orang tua.

 

Dalam hadits Rasulullah bersabda:

 

رِضَى اللهِ فِي رِضَى الْوَالِدَيْنِ وَسُخْطُ اللهِ فِي سُخْطِ الْوَالِدَيْنِ

 

Artinya: “Ridha Allah ada pada Ridha kedua orang tua, dan murka Allah ada pada murka kedua orang tua”.

 


Para sahabat sekalian semoga kita selalu berbakti kepada orang tua kapanpun dan dimanapun kita berada, selalu dapat membhagiakannya, dan dapa memperoleh ridho Allah Amiinn.....

 


Wallahu A'lam...

 


Share this:

Post a Comment

 
Copyright © 2014 HASAN JUFRI | Official Website. Designed by OddThemes