BREAKING NEWS

Author

Thursday, January 21, 2021

Belajar untuk selalu Istiqomah

Keutamaan istiqomah


Karamah (hal-hal yang luar biasa yang terjadi dalam diri hamba-hamba yang shaleh) sama sekali tidak bernilai bagi orang yang arif. Karena, karomah yang hakiki bagi mereka adalah istiqomah (terus-menerus dalam beribadah kepada Allah). 


Dan istiqomah orang-orang arif berlandasan dua hal, yaitu : iman kepada Allah Swt dan mengikuti apa-apa yang dibawa oleh Rosulullah Saw. 


Abu Yazid berkata, “jika engkau melihat orang yang bisa berjalan diatas air atau bisa terbang keudara, janganlah engkau tertipu (bahwa ia adalah wali Allah), hingga engkau menyaksikan bagaimana ia menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya”.


Rasulullah Saw, bersabda : 

الاستقامة خير من الف كرامة

Artinya : “Istiqomah itu lebih baik dari seribu karomah”

 

Dari hadits Rasul ini betapa luar biasanya kekuatan istiqomah, Allah berikan kepada orang yang istiqomah 1000 karomah, satu karomah saja sudah dahsyat apalagi 1000 karomah.


Kiai Moh Najahul Umam pernah berkata, "sesuatu yang baik itu harus langsung dikerjakan, dan sesuatu yang sudah dikerjakan istiqomahilah". Istiqomah itu lebih baik dari seribu karomah, karna istiqomah itu tidak mudah, biar amal itu kecil tapi istiqomah, dia akan jauh lebih baik dari pada amal yang besar tapi cuma sekali saja hilang.


Dan jika kita istiqomah dengan suatu ibadah maka barakah akan datang dengan sendirinya. Karena sesuatu yang selalu kita lakukan secara terus-menerus (continue) maka secara tidak langsung kita akan bisa melakukan sesuatu tersebut. Karena orang bisa itu karena terbiasa.

 

Rasulullah Saw, bersabda :

 

أَحَبُّ الأَعْمَالِ إِلىَ اﷲِأَدْومُهَا وَإِنْ قَلَّ (رواه الشيخان عن عائشة

“Pekerjaan-pekerjaan (yang baik) yang lebih disukai Allah adalah pekerjaan yang terus menerus dikerjakan walaupun pekerjaan itu sedikit”. (HR. Bukhari dan Muslim)

 

HAFIMULTIMEDIA

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © 2014 HASAN JUFRI | Official Website. Designed by OddThemes