BREAKING NEWS

Author

Thursday, December 31, 2020

Jika bukan karena engkau wahai Muhammad, tidak akan aku ciptakan alam semesta ini

Keutamaan Nabi Muhammad Saw.


Alam ini tercipta karena adanya Nur Muhammad, dalam Kitab Qashidah Barzanji mengandung konsep yang kemudian dikenal dengan istilah Nur Muhammad. Kitab karya As-Sayyid Ja‘far yang kerap dibaca masyarakat Muslim di berbagai belahan dunia ketika peringatan maulid ini menyebut konsep Nur Muhammad dan terjemahannya secara harfiah. Yakni :

 أصلي وأسلم على النور الموصوف بالتقدم والأوليه

Artinya, “Aku mengucap shalawat dan salam untuk cahaya yang bersifat terdahulu dan awal.”

 

Menurut Syekh Muhammad Nawawi Banten, ulama Nusantara yang otoritas keilmuannya teruji dan diakui oleh ulama di Timur Tengah di zamannya, konsep Nur Muhammad tidak sulit untuk dipahami dan tidak perlu dibikin ruwet. Status Nur Muhammad bukan qadim sebagaimana keqadiman sifat Allah. Nur Muhammad adalah makhluk yang pertama kali Allah ciptakan sebelum dia menciptakan makhluk lainnya.

 

Sebagaimana tersebut dalam hadits riwayat sahabat Jabir RA bahwa ketika ditanya perihal makhluk pertama yang diciptakan Allah, Rasulullah SAW menjawab, "Sungguh, Allah menciptakan nur nabimu sebelum segala sesuatu." Allah menjadikan nur itu beredar dengan kuasa Allah sesuai kehendak-Nya. Saat itu belum ada lauh, qalam, surga, neraka, malaikat, manusia, jin, bumi, langit, matahari, dan bulan. Atas dasar ini, nur itu adalah substansi, bukan aksiden.

 

Dalam hadist Qudsi dikatakan:

 لَوْلَاكَ لَوْلَاكَ يَا مُحَمّد لما خَلَقْتَ الأَفْلَاك

Artinya : Jika bukan karena engkau wahai Muhammad, tidak akan aku ciptakan alam semesta ini.

 

Kelahiran Nabi Muhammad shalllallahu alaihi wasallam, memang anugerah dan kado terindah bagi umat manusia dari Allah yang wajib kita syukuri. Sebagaimana pertanyaan Nabi Daud kepada Allah ta’ala “nikmat apakah yang paling terbesar di sisi-Mu?”, Allah ta’ala menjawab  “Diciptakannya Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam”

 

اللهلم صل و سلم على سيدنا محمد و على اله  و صحبه اجمعين

 

HAFIMULTIMEDIA

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © 2014 HASAN JUFRI | Official Website. Designed by OddThemes