BREAKING NEWS

Author

Tuesday, December 29, 2020

Jadilah Madu Janganlah Cabai

 Diam itu ibadah

Menjaga lisan itu merupaka amalan yang kita lakuan setiap hari, sat kita menyapa dan mengucapkan salam, saling berbicara, dan sebagainya itu semua merupakan sesuatu yang harus ita jaga dari lisan kita. Ada pepatah yang mengatakan bahwa “Mulutmu harimaumu” jadi dengan maksud bahwa kita harus menjaga lisan kita

Henadaklah sebelum kita berucap kita memikirkan dulu apa yang akan kita katakan dan memikiran akibat dari dari yang kita ucapkan. Sayyidina Ali bin Abi Thalib pernah berkata "Lidah seorang yang bijak terletak di belakang hatinya." Hal ini menandakan bahwa kita harus berpikir dulu merasakan arti makna dari Qoul kita.

Memanglah lidah tak bertulang tapi lidah juga bisa setajap pedang mungkin fisik seseorang tidak akan apa-apa dengan ucapan tapi ingat bahwa hati dari jiwa itu bisa sangat terluka karenanya. "Lidah itu sangat kecil dan ringan, tapi bisa mengangkatmu ke derajat paling tinggi dan bisa menjatuhkanmu di derajat paling rendah." - Imam Ghazali.

Selain diatas berikut beberapa ayat, hadits, dan maqolah ulama’ dalam menjaga lisan:

  • Firman Allah ta’ala surah Qaaf ayat 18:

مَا يَلْفِظُ مِنْ قَوْلٍ إِلَّا لَدَيْهِ رَقِيبٌ عَتِيدٌ

Artinya; "Tiada suatu ucapan pun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir."



  • Allah berfirman :

    يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًايُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ ۗ وَمَن يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا

    “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu sekalian kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar, niscaya Allah memperbaiki amalan-amalanmu dan mengampuni dosa-dosamu. Barangsiapa mentaati Allah dan RasulNya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenengan yang besar” (Al-Ahzab : 70-71)

  • Sabda Rosulullah Saw.:

    سلامة الإنسان في حفظ اللسان

    "Keselamatan manusia tergantung pada kemampuannya menjaga lisan."

  • Hadits Rasulullah melalui sahabat Ahmad.

عليك بطول الصمت فإنه مطردة الشيطان وعون لك علي أمردينك

"Hendaklah engkau lebih banyak diam, sebab diam dapat menyingkirkan setan dan menolongmu terhadap urusan agamamu." (H.R. Ahmad).

  • Hadits Nabi Saw.

إِنَّ الْعَبْدَ لَيَتَكَلَّمُ بِالْكَلِمَةِ، يَنْزِلُ بِهَا فِي النَّارِ أَبْعَدَ مَا بَيْنَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ

"Sesungguhnya seorang hamba mengucapkan kalimat tanpa dipikirkan terlebih dahulu, dan karenanya dia terjatuh ke dalam neraka sejauh antara timur dan barat." (HR. Muslim).

  • "Lidahmu jangan kamu biarkan menyebut kekurangan orang lain, sebab kamu pun punya kekurangan dan orang lain pun punya lidah." (Imam Syafii)
  • "Kebijaksanaan adalah sebuah pohon yang tumbuh bersemi di hati dan berbuah di lidah." - Ali bin Abi Thalib
  • "Lidah itu seperti singa, jika kamu membiarkannya lepas, ia akan melukai seseorang." - Ali bin Abi Thalib
  • "Siapa yang tidak bisa mengendalikan lidahnya, berarti tidak bisa memahami agamanya." - Hasan Al-Bashri


Share this:

Post a Comment

 
Copyright © 2014 HASAN JUFRI | Official Website. Designed by OddThemes