Amal amalan Yang Di Anjurkan Di Bulan Dzulhijjah

 


Bulan Dzulhijjah adalah bulan yang sangat mulia dalam Islam, terutama karena di dalamnya terdapat ibadah haji dan hari raya Idul Adha. Berikut adalah beberapa amalan yang dianjurkan untuk dilakukan di bulan Dzulhijjah:


1.Menunaikan Ibadah Haji: Bagi yang mampu, menunaikan ibadah haji ke Baitullah di Mekah adalah salah satu rukun Islam yang sangat dianjurkan pada bulan ini.


2.Berpuasa di Awal Dzulhijjah: Disunahkan untuk berpuasa selama sembilan hari pertama bulan Dzulhijjah, terutama pada hari Arafah (9 Dzulhijjah) bagi mereka yang tidak sedang menunaikan ibadah haji. Puasa Arafah memiliki keutamaan besar, di antaranya adalah diampuninya dosa-dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.


3.Memperbanyak Dzikir: Memperbanyak dzikir, seperti takbir, tahmid, tahlil, dan tasbih, sangat dianjurkan. Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa tidak ada hari-hari yang lebih agung di sisi Allah dan lebih disukai untuk melakukan amal saleh di dalamnya selain sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah.


4.Melaksanakan Qurban: Pada hari raya Idul Adha (10 Dzulhijjah) dan hari-hari tasyriq (11, 12, 13 Dzulhijjah), umat Islam yang mampu sangat dianjurkan untuk menyembelih hewan qurban sebagai bentuk ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah.


5.Menjaga Shalat dan Amalan Sunnah: Memperbanyak shalat sunnah, seperti shalat dhuha, shalat rawatib, shalat tahajud, dan shalat witir, juga dianjurkan selama bulan Dzulhijjah.


6.Sedekah dan Amal Sosial: Memperbanyak sedekah, baik berupa harta, makanan, atau bantuan lainnya kepada mereka yang membutuhkan, termasuk berbagi daging qurban, adalah amalan yang sangat dianjurkan.


7.Memperbanyak Do’a: Memperbanyak do’a, memohon ampun, dan memohon kebaikan dunia dan akhirat, terutama pada hari Arafah yang merupakan waktu mustajab untuk berdo’a.


8.Membaca Al-Qur'an: Memperbanyak membaca Al-Qur'an dan tadabbur (mempelajari dan memahami makna) juga sangat dianjurkan di bulan ini.

 

Amalan-amalan ini, jika dilakukan dengan ikhlas dan sungguh-sungguh, Insya Allah akan mendapatkan pahala yang besar dan mendekatkan diri kita kepada Allah SWT.

 

 

 

 

 

 

 

 

Post a Comment

Previous Post Next Post