Ada Apa Di Bulan Dzhulhijjah

 


Bulan Dhu al-Hijjah adalah bulan penting dalam kalender Islam karena di dalamnya terjadi beberapa peristiwa penting. Dhu al-Hijjah adalah bulan ke-12 dalam kalender Hijriyah, dan di antara peristiwa yang terjadi di bulan ini adalah:

  1. Bulan Haji: Dhu al-Hijjah adalah bulan di mana ibadah Haji dijalankan. Jutaan umat Islam dari seluruh dunia berkumpul di Mekah untuk menunaikan rukun Islam kelima ini.
  2. Hari Raya Haji: Hari raya ini jatuh pada tanggal 10 Dhu al-Hijjah dan merayakan akhir dari ibadah Haji. Umat Islam yang tidak berhaji juga merayakan hari ini dengan menyembelih hewan kurban sebagai bagian dari ibadah dan memperingati ketaatan Nabi Ibrahim kepada Allah.
  3. Wukuf di Arafah: Puncak dari ibadah Haji adalah ketika jamaah berada di Padang Arafah pada tanggal 9 Dhu al-Hijjah. Ini adalah hari yang sangat penting di mana umat Islam berdoa, bertobat, dan memohon ampunan kepada Allah.
  4. Takbiran: Takbiran adalah tradisi umat Islam untuk memperbanyak membaca takbir (Allahu Akbar, Allahu Akbar, La ilaha illallah) mulai dari setelah shalat Subuh pada tanggal 9 Dhu al-Hijjah hingga shalat Asar pada hari terakhir dari hari raya Haji.
  5. Hari Raya Idul Adha: Idul Adha dirayakan pada tanggal 10 Dhu al-Hijjah oleh umat Islam di seluruh dunia. Ini adalah hari untuk merayakan pengorbanan Nabi Ibrahim yang bersedia mengorbankan putranya, Ismail, atas perintah Allah.

Jadi, bulan Dhu al-Hijjah adalah bulan yang penuh dengan ibadah, pengorbanan, dan pengampunan, dengan peristiwa-peristiwa yang mengingatkan umat Islam akan kesetiaan mereka kepada Allah dan kekuatan iman mereka.

 

Post a Comment

Previous Post Next Post