Hikmah Menyikapi Kezhaliman Yang Datang II Dengan Berupaya tidak Mendoakan. Sebab

 



Hidup ini penuh dengan ujian, termasuk ketika kita dihadapkan pada perlakuan tidak adil dari sesama makhluk Allah. Meskipun sulit, namun ketika kita menjadi korban kezhaliman, bijaklah untuk menjaga mulut dari doa buruk kepada pelaku kezhaliman tersebut. Mengapa demikian? Mari kita merenung pada sebuah hadis yang mengandung hikmah luar biasa:

 

Hadis Penuh Hikmah:

Dalam sebuah hadist nabi bersabda:

 

إِنَّ الْمَظْلُوْمَ لَيَدْعُوَ عَلَى ظَالِمِهِ حَتَّى يُكَافِئَهُ ثُمَّ يَبْقَى لِلظَّالِمِ فَضْلٌ عِنْدَهُ يُطَالِبُهُ بِهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

 

Artinya:

 

            “Sungguh orang yang didzalimi terkadang mendoakan buruk atas orang yang menzhalimi sehingga dia membalaskan kezhalimannya. Kemudian ia berdoa buruk lagi kepadanya sehingga melebihi kezhalimannya, maka orang yang menzhalimi akan menuntut kepadanya dihari kiamat.”Makna yang Dalam:

Ketika kita merasakan kepedihan akibat perlakuan tidak adil, janganlah kita terburu-buru mengucapkan doa buruk kepada pelaku kezhaliman. Alihkanlah hak pembalasan kepada Allah Swt. Meskipun sulit untuk memaafkan, namun dengan menyerahkan segala urusan kepada Allah, kita akan memperoleh keadilan sejati di akhirat.

 

Ingatlah bahwa panjangnya doa buruk bukanlah tolok ukur kebaikan atau keberhasilan dalam menanggapi kezhaliman. Bahkan, beberapa ulama salaf menekankan bahwa Allah Swt akan menghukum mereka yang mencaci Hajjaj sebagaimana Dia akan menyiksa Hajjaj karena kezhalimannya terhadap banyak orang.

 

Jaga Kualitas Ucapan:

Ketika menyebut kejahatan seseorang, mari hindari memperpanjang komentar buruk. Ini bukanlah sikap yang baik. Sesuai dengan nasihat ulama salaf, "Allah Swt akan menghukum mereka yang mencaci Hajjaj sebagaimana Dia akan menyiksa Hajjaj karena kezhalimannya terhadap banyak orang."

 

Penutup Bijak:

Dalam menjalani kehidupan yang sarat dengan ujian, jagalah lidah kita agar tetap meraih kebaikan dan memberikan manfaat kepada orang lain. Dengan merelakan balasan kepada Allah, kita akan membangun kebijaksanaan dan ketenangan dalam hati. Semoga kita senantiasa diberikan kekuatan untuk menjalani hidup dengan kesabaran dan kebijaksanaan, serta mendapatkan keberkahan-Nya di setiap langkah perjalanan kita.

 

Wallahu A'lam...

Post a Comment

Previous Post Next Post