Memuji Diri Sendiri







Janganlah engkau terbiasa memuji dirimu sendiri. Allah Swt telah berfirman:

فَلَا تُزَكُّوْا أَنْفُسَكُمْ هُوَ أَعْلَمُ بِمَنِ اتَّقَى

Artinya:

“Janganlah engkau menganggap suci diri kalian sendiri karena Allah lebih tahu tentang orang yang bertakwa.”

            Ditanyakan kepada Sebagian orang yyang bijak, “Apakah sifat kejujuran yang paling buruk?” Dia menjawab, “Kejujuran yang paling buruk adalah jika seseorang selalu menyebut kebaikan dirinya sendiri dengan sebenar-benarnya.”

            Ketahuilah bahwa amalan tersebut justru mengurangi terhadap kehormatanmu di hadapan manusia dan menyebbkan murka di hadapan Allah Swt.

            Jika engkau hendak mengetahui bahwa pujianmu terhadap dirimu sendiri tidak akan menambah kehormatan di hadapan siapa pun, mak lihatlah teman-temanmu yang berbuat seperti itu, yaitu Ketika mereka memuji diri mereka sendiri dengan berbagai keutamaan, kedudukan dan kekayaan.

Pada saat itu engkau pasti ingkar terhadap mereka dan hatimu akan merasa berat karenanya, bahkan engkau pasti mencela mereka setelah berpisah dengan mereka. Begitu pula dengan mereka, sama dan tidak berbeda.

Ketika engkau memuji dirimu sendiri di hadapan mereka, maka mereka pasti mencelamu denhgan hati mereka secara langsung dan mereka akan memperlihatkan ketidaksukaan tersebut setelah berpisah denganmu.

 


Post a Comment

Previous Post Next Post