سَلَامَةُ الْإِنْسَانِ فِيْ حِفْظِ اللِّسَانِ








Nikmat lidah diciptakan untukmu agar engkau mempergunakan untuk banyak berdzikir kepada Allah, mambaca al Qur’an, memberi petunjuk kepada makhluk Allah kepada jalan yang diridhainya dan untuk menyampaikan maksud hatimu dalam urusan agama atau urusan dunia.

 Jika engkau menggunakannya pada jalan yang yang tidak diperintahkan atau tidak sesuai dengan tujuannya, maka berarti engkau telah mengkufuri nikmat Allah Swt. Karena itu, sadarlah bahwa mulut adalah anggota yang paling berperan dan paling menentukan di dalam keselamatan dirimu.

Sesuatu yang paling banyak menjerumuskan manusia ke dalam jurang api neraka adalah lisan, maka dari itu berhati-hatilah dengan benar! Jagalah lisanmu dengan sekuat tenaga, agar iya tidak menjerumuskan dirimu ke dalam jurang api neraka. Di dalam sebuah hadist Rasulullah Saw bersabda:

إِنَّ الرَّجُلَ لَيَتَكَلَّمُ بِالْكَلِمَةِ لِيُضْحِكَ بِهَا أَصْحَابَهُ فَيَهْوِى بِهَا فِى قَعْرِ جَهَنَّمَ سَبْعِيْنَ خَرِيْفًا

Artinya:

“Sesungguhnya seseorang terkadang berbicara dengan kalimat yang lucu di hadapan    teman-temannya, lalu akibatnya (tanpa di duga) dia terjerumus ke dalam Neraka Jahannamyang kedalamannya sejauh perjalanan 70 (tujuh puluh) tahun.”

Diriwayatkan pula dalam hadist, bahwa pad azaman Rasulullah Saw ada seorang yang mati syahid dalam peperangan membela agama Islam.

 Maka salah seorang berkata, “Beruntung dia mendapatkan Surga”. Baginda Rasulullah Saw bersabda, “Apa yang menjadikan engkau yakin tentang dia? Mungkin saja dia telah berbicara dengan hal yang tak bermanfaat dan mungkin saja dia kikir dengan sesuatu yang tak berharga baginya.” (Sehingga dengan itun ia terhalangi dari surga).

            Jagalah lisanmu dari 8 (delapan) hal berikut ini:

1. Berbohong

2. Mengingkari Janji

3. Menggunjing

4. Berdebat dan Berbantah

5. Memuji Diri Sendiri

6. Melaknat

7. Mendoakan Jelek Pada Makhluk Lain

8. Bergurau atau Melawak

            Adapun penjelasan semua ini akan kami jelaskan selanjutnya.

والله أعلم...!



 

Post a Comment

Previous Post Next Post