Teman Sejati Yang Sebenarnya



Ketahuilah bahwa sesungguhnya teman yang sejati hanyalah Allah Swt. Dia adalah Rabb-mu dan dat yang telah menciptakan dirimu. Dia tidak pernah berpisah darimu di waktu mukim ataupun di waktu bepergianmu, di waktu tidur atau saat terjagamu, bahkan disaat hidup dan matimu. Kapan pun engkau mengingatnya, maka dia adalah “teman dudukmu”. Karena Allah Swt berfirman di dalam hadist Qudsi:

أًنَا جَلِيْسٌ مَنْ ذَكَرَنِيْ

Artinya;

 “Aku adalah ‘teman’ duduk yang sedang mengingatku.”

            Setiap kali hatimu merasa hina dan sedih atas kekuranganmu dalam memenuhi kewajiban agamamu, maka sadarilah bahwa saat itu dia sedang menemanimu dan sangat dekat denganmu. Karena Allah Swt berfirman di dalam hadist Qudsi;

أَنَا عِنْدَ الْمُنْكَسِرَةِ قُلُوْبُهُمْ مِنْ أَجْلِيْ

Artinya;

“Aku bersama orang-orang yang bersedih hatinya karena Aku”

Seandainya engkau benar-benar mengenal Allah Swt, maka engkau akan menjadikannya sebagai teman sejati dan niscaya engkau meninggalkan manusia di belakangmu. Jika engkau tidak mampu berbuat seperti itu dalam semua waktumu, maka janganlah engkau mengosongkan malam dan siangmu satu saat untuk menyendiri bersama Allah Swt, agar di saat itu engkau merasakan kenikmatan qolbu dengan bermunajat kepada Allah Swt.

Wallahu A’lam…


Post a Comment

Previous Post Next Post